Salin Artikel

5 Manfaat Konsumsi Oatmeal untuk Sarapan

KOMPAS.com— Apa yang tersaji di piring sarapan kita sangat menentukan energi untuk memulai hari. Di Indonesia, menu sarapan sangat beragam, namun umumnya terdiri dari karbohidrat sederhana yang membuat gula darah cepat naik tapi juga cepat turun. Hal ini berarti tak berapa lama kita pasti akan lapar lagi.

Ada sumber karbohidrat lain yang bisa kamu coba menu sarapan yakni, oatmeal. Kandungan seratnya yang tinggi bisa membuat perut kenyang lebih lama. 

Supaya kita lebih berselera mengonsumsi oat, kita bisa membuat beragam kreasi hidangan atau menambahkan topping yang lezat tapi tetap sehat.

Berikut adalah lima manfaat jika kita rutin sarapan dengan oats.

1. Kaya akan nutrisi

Setengah cangkir gandum utuh kering mengandung 4 gram serat yang akan mengisi 14 persen dari target minimum harian, di samping 5 gram protein nabati.  Karbohidrat gandum juga mengandung spektrum vitamin dan mineral yang luas, termasuk zat besi, magnesium, seng, selenium, vitamin B, dan sejumlah kecil kalsium dan kalium.

2. Antioksidan

Oats menghasilkan senyawa yang disebut polifenol yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi, menurut sebuah studi 2018 di Food Research International. Selain itu, polifenol juga  dikaitkan dengan perlindungan terhadap penyakit jantung dan stroke, serta diabetes tipe 2 dan obesitas.

3. Oatmeal adalah makanan tinggi serat 

Jenis serat yang ditemukan dalam oat yang disebut beta-glukan terbukti mendukung fungsi kekebalan tubuh dan mengurangi konsentrasi kolesterol dan gula darah. 

Beta-glukan juga berfungsi sebagai antioksidan, dan dalam peran ini terkait dengan perlindungan terhadap penyempitan pembuluh darah serta penyakit penurunan fungsi saraf seperti Alzheimer.

Dalam sebuah laporan tahun 2019, disebutkan konsumsi oatmeal sebagai intervensi diet jangka pendek mampu menurunkan gula darah secara signifikan.

Beta-glukan juga bertindak sebagai prebiotik, suatu zat yang merangsang pertumbuhan mikroba usus, dan memperlambat atau mencegah perkembangbiakan bakteri berbahaya. 

4. Menjaga berat badan yang sehat

Memulai hari dengan oatmeal dapat membantu mengendalikan berat badan karena beberapa alasan, terutama menjaga agar rasa kenyang yang bertahan lama. Dengan begitu kita akan terhindar dari keinginan ngemil.

Serelia utuh seperti oat juga membantu mengontrol berat badan dengan mendukung metabolisme tubuh. 

Sebuah penelitian tahun 2015, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Research, menyimpulkan bahwa pemakan oatmeal secara teratur memiliki bobot tubuh lebih rendah, lingkar pinggang lebih kecil, dan indeks massa tubuh lebih rendah.

Mereka juga mendapat skor lebih tinggi pada Indeks Makan Sehat, yang menjadi ukuran kualitas makanan secara keseluruhan.

5. Oatmeal melindungi kesehatan secara keseluruhan

Sebuah tinjauan tahun 2019 terhadap penelitian yang diterbitkan dalam European Journal of Preventive Cardiology mengungkapkan bahwa oatmeal dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan semua penyebab kematian.

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/07/19/164714620/5-manfaat-konsumsi-oatmeal-untuk-sarapan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.