Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Langkah Menjaga Kesehatan Tubuh agar Merdeka dari Penyakit

KOMPAS.com - Hari ini bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaan yang ke-78. Tapi, sudahkah kamu merasa merdeka menikmati hidup?

Tahukah kamu bahwa hidup kurang bisa dinikmati tanpa tubuh yang sehat dan jauh dari penyakit?

Apalagi, di masa sekarang ini, ketika kita harus menghadapi berbagai kondisi seperti stres, polusi, hingga kecemasan.

Dikatakan dr. Hilna Khairunissa M. Gizi Sp.Gk., kesehatan itu adalah kemerdekaan mutlak setiap individu. Dengan tubuh yang sehat, maka kita akan bisa menikmati indahnya hidup, dengan kata lain merdeka.

Banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh, salah satunya yang utama adalah menerapkan pola makan bergizi seimbang, termasuk rutin mengonsumsi buah dan sayur.

Sayangnya berdasarkan data RISKESDAS, 95,4% masyarakat Indonesia masih kurang mengonsumsi buah dan sayur.

Padahal untuk menjadi sehat, kita harus menjaga kesehatan pencernaan dengan memenuhi kebutuhan serat dari buah dan sayur untuk tubuh setiap harinya.

“Dengan asupan gizi, termasuk asupan serat tercukupi setiap harinya, maka kesehatan pencernaan akan terjaga,” ujar dr. Hilna.

Nah, berikut ini adalah lima langkah menjaga tubuh sehat agar merdeka dari penyakit:

1. Konsumsi cukup buah dan sayur setiap hari

Seperti yang telah disebutkan di atas, buah & sayur adalah kunci dasar kesehatan, karena buah dan sayur dapat memberikan serat dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh.

Serat dengan kualitas yang baik akan membuat pencernaan sehat, yang selanjutnya akan memperkuat imun tubuh. Apalagi, penelitian menunjukan 70% sel imun terdapat di sistem pencernaan.

2. Berolahraga rutin

Bagi sebagian orang, olahraga masih menjadi aktivitas selingan yang belum dijalani secara rutin dan konsisten.

Padahal, dengan mulai olahraga dengan rutin, maka tubuh sehat, bugar, dan ideal bukan lagi impian.

Banyak jenis olahraga, pilih beberapa yang kamu sukai dengan durasi minimal 30 menit, dengan frekuensi 5 kali dalam seminggu.

3. Berpikir positif

Pola pikir dapat mempengaruhi tingkat kesehatan seseorang. Berpikir positif adalah kunci utama dalam mengelola stress.

Pikiran yang positif selanjutnya akan berperan mendatangkan banyak manfaat kesehatan seperti tidak mudah sakit, usia harapan hidup lebih panjang, tingkat depresi lebih rendah, mampu berpikir kreatif, dan kemampuan memori serta daya konsentrasi yang lebih tinggi.

4. Tidur cukup

Banyak orang yang menyepelekan kebutuhan tidur. Padahal, memenuhi kebutuhan tidur memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan imun tubuh, meningkatkan daya ingat, dan pengendalian nafsu makan.

Bagi orang dewasa, tidur selama tujuh hingga delapan jam sangat dianjurkan. Namun, perhatikan juga kualitas tidurmu dengan menyetel suhu pendingin yang tidak berlebihan dan mematikan lampu untuk menciptakan suasana tidur yang tenang dan nyaman.

5. Detoks tubuh

Detoks adalah proses upaya memerdekakan tubuh dari kotoran dan racun yang menumpuk, utamanya pada sistem pencernaan.

Jika detoks dilakukan dengan rutin dan optimal, maka akan memberikan berbagai manfaat baik untuk tubuh.

Sebenarnya tubuh sudah memiliki fungsi detoks alami. Sayangnya karena menjalani gaya hidup tidak sehat seperti mengonsumsi makanan tinggi lemak, garam, rendah serat dan nutrisi, bahkan mengonsumsi alkohol, akan meningkatkan produksi racun serta radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh.

Karena itulah sangat penting mengoptimalkan proses detoksifikasi dalam tubuh, untuk membuang keluar semua racun dan zat-zat berbahaya dari tubuh. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2020/08/15/235838120/5-langkah-menjaga-kesehatan-tubuh-agar-merdeka-dari-penyakit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke