Salin Artikel

Harga Mahal "Monstera King", Apa Bedanya dengan Monstera Biasa?

KOMPAS.com - Monstera menjadi tanaman hias yang populer karena memiliki bentuk daun yang unik. Tanaman ini juga cocok ditempatkan di dalam rumah untuk mempercantik ruangan.

Seiring waktu, tanaman hias monstera naik daun sehingga harga jualnya pun meningkat drastis.

Pecinta tanaman, atau orang yang baru menggeluti hobi merawat tanaman hias pun rela merogoh kocek dalam-dalam untuk mendapatkan tanaman ini.

Saat ini penjual dan pedagang di beberapa situs belanja online menjual tanaman monstera dengan mencantumkan nama "monstera king".

Banderol harga yang ditawarkan masing-masing pedagang untuk tanaman monstera king utuh bervariasi, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Bahkan di salah satu situs e-commerce, seorang pedagang mematok harga Rp 24,8 juta untuk tanaman yang dilabeli nama "monstera variegata king deliciosa 7 daun".

Lalu, apa sebenarnya monstera king ini?

Berdasarkan foto yang diunggah rata-rata pedagang di situs belanja online, monstera king memiliki bentuk dan tampilan yang sama dengan jenis monstera deliciosa.

Juga, jika kita menuliskan "monstera king" di kolom pencarian gambar di Google, hasil yang keluar tidak lain adalah gambar monstera deliciosa.

Sebagai catatan, di antara jenis monstera lain termasuk monstera adansonii, monstera variegata, atau monstera borsigiana, ukuran daun monstera deliciosa adalah yang terbesar.

Bisa jadi, ukuran daun yang besar, berlubang dan menjari di bagian pinggir serta memiliki bentuk menyerupai hati inilah yang membuat monstera deliciosa disebut dengan monstera king.

Dengan pemberian embel-embel "king", otomatis harga tanaman monstera deliciosa ini melambung hingga jutaan rupiah.

Mengenali monstera deliciosa "king" asli

Ketika akan membeli monstera deliciosa, harap berhati-hati. Sebab banyak jenis monstera yang membingungkan saat dibedakan. Bentuknya pun agak mirip antara satu sama lain.

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah ruas batangnya. Monstera deliciosa memiliki ruas batang yang pendek, sehingga daun yang satu dengan lainnya terlihat rapat.

Jika jarak ruas batang daun monstera deliciosa lebih dari 10 sentimeter, ada kemungkinan tanaman itu bukan monstera deliciosa atau king asli.

Kemudian, ujung gagang daun monstera deliciosa memiliki sejumlah gerigi.

Sementara monstera borsigiana yang mirip dengan deliciosa, tidak mempunyai gerigi yang menyerupai deretan duri rapi di ujung gagang daunnya.

Gagang daun yang tumbuh dari ruas batang monstera deliciosa bentuknya tidaklah bulat, melainkan pipih.

Volume daun juga bisa dijadikan pegangan untuk mengenali apakah tanaman itu monstera deliciosa king atau monstera jenis lainnya. Caranya dengan memencet gagang daun monstera deliciosa.

Jika gagang daun tanaman terasa lembut, kemungkinan tanaman itu bukan monstera deliciosa asli.

Pasalnya, monstera deliciosa asli mempunyai gagang daun yang keras dan tidak mudah cekung ketika dipencet.

Terakhir, perbedaan yang paling jelas antara monstera deliciosa dan monstera lainnya terdapat pada tampilan daun.

Pada daun monstera deliciosa yang masih muda, belum ada banyak lubang dan lubang itu belum menjadi daun yang terbelah.

Ketika sudah matang atau dewasa, daun monstera deliciosa terbelah-belah dan tidak menyisakan lubang daun di bagian tengah.

Lebar daun monstera deliciosa juga bisa mencapai satu meter ketika dewasa.

Sementara pada daun monstera lain yang bentuknya sama dengan deliciosa, tidak bisa berkembang dan melebar.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/03/24/133034520/harga-mahal-monstera-king-apa-bedanya-dengan-monstera-biasa

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.