Salin Artikel

Tren Warna Netral untuk Dekorasi Rumah Tahun 2021

KOMPAS.com - Warna utama yang akan diaplikasikan dalam interior hunian memang tergantung selera pemiliknya. Walau tren warna terus berganti, namun warna-warna netral sering menjadi pilihan utama.

Warna netral dianggap dapat menciptakan keseimbangan di ruangan. Selama bertahun-tahun warna putih dan abu-abu menjadi tren warna netral dekorasi rumah.

Namun, para ahli menyebutkan bahwa warna cokelat yang hangat sekarang ini lebih disukai dibanding putih dan abu-abu.

"Orang mencari sedikit lebih banyak kehangatan dan kedalaman di ruang mereka sambil tetap menjaganya tetap netral," kata Alessandra Wood, wakil presiden layanan desain interior online Modsy.

"Coklat dan warna netral hangat lainnya menawarkan pengenalan warna yang halus yang masih terasa lembut dan netral," tambahnya.

Maggie Griffin, pendiri dan perancang utama Maggie Griffin Design, berpendapat bahwa transisi menuju warna yang lebih hangat adalah karena respons terhadap warna putih dan abu-abu yang terkesan berlebihan untuk ruang keluarga.

Waktu yang dihabiskan sebagian besar orang di rumah selama setahun terakhir inilah yang membuat beberapa dari orang mengubah dekorasi warna yang lebih hangat.

"Setelah satu tahun yang terisolasi, saya merasa seperti kita semua mencari warna dan perasaan yang aman, hangat, dan nyaman," kata Griffin.

"Lalu, setelah satu dekade mengalami begitu banyak kesterilan dalam warna putih dan abu-abu, banyak yang akhirnya mendambakan kembali ke warna netral yang nyaman."


 

Ruang keluarga

Warna netral cokelat biasanya pas untuk ruang keluarga yang cocok untuk furnitur kulit atau kayu.

"Cokelat memiliki getaran yang stabil, percaya diri, dan tidak mencolok yang dapat digunakan untuk ruangan apa saja," kata Liz MacPhail, pendiri dan perancang utama Liz MacPhail Interiors.

Warna cokelat yang menjadi tren saat ini adalah cokelat warna kayu yang memiliki tampilan alami. Selain itu, karena cokelat berfungsi sebagai warna dekorasi yang netral, wajar jika berfungsi sebagai penentu warna untuk rumah.

MacPhail merekomendasikan untuk berani tampil dengan warna cokelat untuk ruangan yang nyaman seperti perpustakaan, ruang kerja, ruang makan, atau bahkan kamar tidur tamu. Jadi tak hanya untuk ruang keluarga saja.

Warna cokelat bisa dikombinasikan dengan sentuhan lembut patina, warna-warna hangat, dan sentuhan akhir yang berkilau untuk tampilan yang sedikit drama jika kamu suka.

Griffin juga menambahkan bahwa warna cokelat juga cocok dipadukan dengan furnitur vintage yang juga sedang naik daun dalam beberapa bulan terakhir.

Jika kamu akan menggunakan furnitur berwarna cokelat, Wood merekomendasikan untuk memadukannya dengan warna yang lebih terang, seperti putih atau bahkan kuning. 

"Jika kamu memilih bagian berlapis kain, pilih kulit atau kain bertekstur yang akan menawarkan variasi warna seperti mohair," katanya.

Namun, tetap berhati-hati memilih warna cokelat sebagai keperluan dekorasi rumah. Hindari warna cokelat yang terlalu gelap atau terlalu keemasan. Intinya jangan yang terlalu berlebihan.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/07/072906820/tren-warna-netral-untuk-dekorasi-rumah-tahun-2021

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.