Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Atlet dengan Pendapatan Tertinggi Menurut Forbes, Siapa Saja?

KOMPAS.com - Kemampuan luar biasa dari para atlet pada bidangnya masing-masing, rupanya disertai dengan bayaran yang sepadan dengan apa yang bisa mereka lakukan.

Kerja keras, konsistensi, dan prestasi menjadi hal yang dihargai dalam dunia olahraga. Artinya, jika kamu menjadi yang terbaik di suatu bidang olahraga, maka kekayaan akan mengikuti.

Berikut ini adalah daftar atlet profesional dengan bayaran tertinggi di dunia selama 12 bulan terakhir, menurut laporan Forbes yang dikeluarkan Mei 2021.

Daftar resmi Forbes tentang atlet dengan bayaran tertinggi ini mencakup pendapatan di dalam maupun di luar lapangan.

Jadi, selain bayaran yang diperoleh lewat kontrak atau pertandingan, pendapatan ini juga dihitung berdasar sumber lain, seperti iklan dan penjualan produk.

1. Conor McGregor - 180 juta dollar AS

Menurut laporan Forbes pada 12 Mei 2021, McGregor mengantongi pendapatan 180 juta dollar atau sekitar Rp 2,56 triliun, kombinasi dari pertarungan, iklan yang dibintanginya, serta yang paling besar adalah penjualan whiskey miliknya, Proper No. Twelve. 

Adapun merek whiskey yang dibangunnya tersebut dijual dengan harga 158 juta dollar AS, menjadikannya atlet ketiga setelah Roger Federer dan Tiger Woods yang menghasilkan lebih dari 70 juta dollar AS di luar lapangan.

2. Lionel Messi - 130 juta dollar AS

Meski begitu, pria asal Argentina ini tetap menjadi atlet dengan pendapatan tertinggi sekitar 130 juta dollar AS atau senilai Rp 1,8 triliun. Dari jumlah ini, 97 juta dollar AS didapatkan dari lapangan dan 33 juta dollar AS dari sponsor dan pendapatan lain.

3. Cristiano Ronaldo - 120 juta dollar

Ia juga menjadi pemain bola yang melampaui legenda Brasil Pelé, dalam jumlah gol, yakni  mencetak 770 gol di semua kompetisi, termasuk hattrick dalam kemenangan Juventus atas Cagliari.

Ronaldo memperoleh pemasukan sekitar 120 juta dollar AS atau senilai Rp 1,7 triliun, dimana 70 juta dollar AS diperoleh lewat kontraknya, dan 50 juta dollar AS melalui iklan dengan Nike, serta dari penjualan busana, hotel, dan gym yang dimilikinya.

4. Dak Prescott - 107,5 juta dollar AS

Tak heran jika bayarannya mencapai 107,5 juta dollar atau senilai Rp 1,5 triliun. Sebanyak 97,5 juta dollar AS diantaranya didapatkan dari perpanjangan kontrak, dan 10 juta dollar AS dari iklan dan promo lain.

5. LeBron James - 96,5 juta dollar AS

Namun pendapatannya tahun ini juga berasal dari kontrak dengan PepsiCo dan film Space Jam: A New Legacy yang dibintanginya.

Total, LeBron James mengumpulkan 96,5 juta dollar atau senilai Rp 1,37 triliun, dimana 65 juta dollar AS didapatkan di luar lapangan basket.

6. Neymar - 95 juta dollar AS

Neymar mengumpulkan sekitar 95 juta dollar atau senilai Rp 1,35 triliun, dengan sekitar 19 juta dollar diperolehnya dari kerjasama dengan Puma dan Jordan brand.

7. Roger Federer - 90 juta dollar AS

Namun jumlah itu hampir seluruhnya didapat di luar lapangan, menyusul cedera lutut yang membuatnya tidak bisa bertanding.

Federer mengumpulkan pundi-pundinya dari kerjasama dengan Rolex, Credit Suisse dan Uniqlo, serta kepemilikan di On, pembuat perlengkapan olahraga.

8. Lewis Hamilton - 82 juta dollar AS

Sebelas kemenangan balapannya musim lalu menghasilkan bonus yang besar, di luar kerjasamanya dengan Tommy Hilfiger, Monster Energy dan Puma. Dia juga meluncurkan tim di seri balap Extreme E.

Semuanya membuat Lewis Hamilton memperoleh 82 juta dollar atau senilai Rp 1,17 triliun. Sebanyak 70 juta dollar AS berasal dari balapan, dan 12 juta dollar dari sponsor.

9. Tom Brady - 76 juta dollar AS

Gelandang klub Tampa Bay Buccaneers ini jugamemiliki kerjasama dengan pembuat kacamata Christopher Cloos dan raksasa pakaian Fanatics, selain mengumpulkan uang sebagai pembicara di sirkuit virtual dan sebagai pitchman komersial.

Lewat usahanya, ia memiliki penghasilan sekitar 76 juta dollar atau senilai Rp 1,08 triliun, dengan 31 juta dollar AS diantaranya diperoleh di luar lapangan.

10. Kevin Durant - 75 juta dollar AS

Di luar kontraknya sebagai pemain basket, ia menghasilkan 44 juta dollar AS di luar lapangan, lewat perusahaan medianya Thirty-Five Ventures.

Total, pendapatannya mencapai 75 juta dollar atau senilai Rp 1,07 triliun. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/05/15/143540420/10-atlet-dengan-pendapatan-tertinggi-menurut-forbes-siapa-saja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke