Salin Artikel

Mau Tahu Koleksi Jam Tangan Para Pemimpin Politik Dunia?

KOMPAS.com - Para pesohor di ranah politik seperti Donald Trump, Kim Jong Un dan Vladimir Putin sama-sama memiliki pengalaman dalam menangani suatu negara.

Namun, ada kesamaan lain di antara para pemimpin negara di luar urusan politik. Ya, mereka sama-sama doyan mengoleksi jam tangan mewah.

Kira-kira seperti apa jam tangan yang mereka miliki? Berikut ulasannya.

1. Donald Trump

Rolex yang dipakainya adalah Day-Date yang dikenal sebagai jam Presiden karena Presiden AS sebelumnya termasuk Franklin D. Roosevelt, Dwight D. Eisenhower, John F. Kennedy dan Lyndon B. Johnson memilikinya.

Ketika diluncurkan pada tahun 1956, model ini adalah jam tangan pertama yang dapat menampilkan tanggal dan hari dalam seminggu.

Casing dan gelangnya yang berbahan emas membuatnya menjadi favorit.

Selain itu, Trump juga mengoleksi Patek Philippe Ellipse dan Vacheron Constantin Historiques 1968.

Patek Philippe Golden Ellipse (Ref. 3738/122), yang dipakai Trump memiliki gelang emas dengan dimensi casing 31 x 35,5mm. Desainnya pertama kali diperkenalkan pada tahun 1968.

Sedangkan Vacheron Constantin Historiques Ultra-Fine 1968 (Ref. 1968 43043/000R-9592) adalah arloji berbentuk persegi dan memiliki casing emas merah muda 35mm.

2. Vladimir Putin

Dia memiliki koleksi jam tangan dari merek semacam Patek Philippe, IWC, dan A Lange & Sohne.

Dalam beberapa kesempatan, Putin terlihat mengenakan Blancpain Grande Date Aqua Lung yang dilengkapi fitur tanggal.

Salah satu jam tangan edisi terbatas miliknya, A Lange & Sohne Tourbograph Perpetual Pour le Merite, dilaporkan bernilai 480.000 dollar AS atau lebih kurang Rp 6,8 miliar.

3. Kim Jong Un

Namun larangan itu tidak menyurutkan Kim untuk mengoleksi jam tangan. Ia mempunyai Movado Museum dan IWC Portugieser yang berwarna keemasan.

Jam tangan IWC ini seringkali dipakainya untuk acara-acara kenegaraan.

4. Justin Trudeau

5. Dalai Lama

Selama menjalani rutinitas, Dalai Lama jarang meninggalkan jam saku Patek Philippe ref 658 miliknya yang berwarna keemasan.

Jam saku ini memiliki fitur berupa kalender abadi (perpetual calendar), minute repeater, dan kronograf sepersekian detik.

Sebuah laporan menyebutkan Patek Philippe tersebut adalah pemberian dari Presiden AS Franklin D Roosevelt pada tahun 1943.

Di tahun 2018, rumah lelang Phillips melepas salah satu Patek Philippe ref 658 seperti kepunyaan Dalai Lama seharga 176.500 dollar AS (sekitar Rp 2,5 miliar).

6. Boris Johnson

Namun, koleksi jam tangan pilihannya memang seperti itu. Sehari-hari, ia terbiasa mengenakan Patek Phlippe Calatrava berwarna emas kuning dan tali kulit hitam.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/06/14/125959320/mau-tahu-koleksi-jam-tangan-para-pemimpin-politik-dunia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.