Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Rayi Putra dan Dila Hadju Ajarkan Anak Peduli Lingkungan

Hal tersebut juga dilakukan oleh personel RAN, Rayi Putra dan istrinya Dila Hadju yang sudah mengajarkan anaknya untuk peduli lingkungan sejak masih kecil.

Menurut Rayi, awalnya dia dan Dila mulai mempraktikkan tindakan kecil seperti memilah sampah dan membuangnya sesuai dengan jenis, yang kemudian dicontoh oleh sang anak.

"Anak-anak pasti akan melihat bagaimana orangtua mereka berperilaku. Jadi kami juga membiasakan diri untuk memilah sampah sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan."

Demikian penuturan Rayi dalam virtual talkshow bersama WWF Indonesia, Minggu (18/7/2021).

Selain itu, Dilla juga menambahkan, di rumah mereka memang menyediakan tempat sampah sesuai dengan jenis sampahnya masing-masing.

"Kalau di rumah kita memang sudah membagi masing-masing sampah. Seperti yang kita tahu jenis-jenis sampah itu ada empat yakni sampah organik, anorganik, beracun (B3), dan residu," kata dia.

Mengenalkan lingkungan sesuai usia anak

Sebagai pegiat lingkungan hidup yang juga pendiri @tumbuhijaurban, Dila menyarankan agar para orangtua dapat mengenalkan lingkungan pada anak-anak sesuai dengan usia mereka.

Dia pun memberikan beberapa langkah mengenalkan lingkungan pada anak-anak sesuai dengan usia sebagai berikut:

• Untuk anak usia 0-2 tahun, kita bisa mengenalkan lingkungan dengan stimulasi indra, baik itu penglihatan, pendengaran, sentuhan, penciuman, dan perasa.

• Kemudian, di usia 2-4 tahun, anak-anak bisa diperkenalkan dengan variasi alam beserta penghuninya menggunakan sistem motoriknya. Kita bisa memperkenalkannya melalui audio dan visual.

• Lalu anak-anak yang berusia 4-6 tahun yang sudah bisa berpikir secara komprehensif dapat diperkenalkan mengenai siklus kehidupan, asal usul lingkungan, dan mengasah kreativitas mereka.

• Sementara itu, bagi anak-anak yang berusia 6-8 tahun, orangtua bisa mengenalkan lingkungan dengan melakukan kegiatan yang berhubungan dengan peduli lingkungan.

Atau, bisa pula dengan mengajak anak ke luar rumah untuk sekadar mengamati lingkungan sekitarnya.

Meski demikian, Dila mengungkapkan, sebisa mungkin orangtua mengenalkan lingkungan dengan cara-cara lebih santai dan menyenangkan, tergantung berapa usia sang anak.

"Untuk mengajarkan anak-anak peduli terhadap lingkungan jangan sampai menjadikannya sebagai tekanan atau beban supaya mereka benar-benar mencintai lingkungan karena kesadaran sendiri," imbuh dia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/07/18/203000220/cara-rayi-putra-dan-dila-hadju-ajarkan-anak-peduli-lingkungan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke