Salin Artikel

4 Manfaat Aktif Bercinta di Masa Kehamilan

KOMPAS.com - Kehamilan dapat membuat sebagian besar wanita tidak merasa bergairah untuk melakukan hubungan seksual karena berbagai faktor. Salah satunya adalah khawatir bisa membahayakan bayi dalam kandungan.

Padahal, jika kondisi kehamilan sehat, berhubungan seks saat hamil aman. Bahkan, aktif bercinta memiliki banyak manfaat, baik secara kesehatan fisik, mental, dan hubungan dengan pasangan.

Nah, untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak beberapa manfaat dari berhubungan seks bagi para wanita di masa kehamilan, seperti yang dilansir dari laman Parents berikut ini.

1. Meningkatkan kualitas hubungan dengan pasangan

Seorang profesor sosiologi di Universitas Washington di Seattle, Pepper Schwartz, PhD mengatakan bahwa kehamilan bisa membuat para wanita mengabaikan pasangannya.

Hal ini tentu saja dapat membuat hubungan dengan pasangan merenggang, terlebih jika intensitas hubungan seks juga berkurang.

"Jadi, sangat penting untuk berbagi kasih sayang secara fisik sebagai cara untuk mempertahankan fondasi yang kuat dan hubungan pernikahan yang berkualitas saat sedang hamil," terangnya.

2. Menemukan posisi seks baru

Posisi misionaris atau pria di atas (man on top) dengan tempo yang cukup cepat dapat memberikan terlalu banyak tekanan pada perut kita.

Dengan melakukan hubungan seks secara rutin di masa kehamilan, kita bisa menemukan posisi seks baru yang tetap nyaman untuk perut yang membesar.

3. Seks saat hamil terasa berbeda dan lebih baik

Melakukan hubungan seks saat sedang hamil tentunya akan terasa berbeda dari sebelum masa kehamilan.

Dokter spesialis obgyn di Rumah Sakit Mount Sinai di Toronto, Claire Jones, MD mengungkapkan bahwa kehamilan dapat meningkatkan aliran darah ke area vagina.

"Hal ini bisa meningkatkan sensitivitas, sehingga beberapa wanita mengalami peningkatan orgasme yang luar biasa," jelasnya.

Vagina kita juga lebih dilumasi karena peningkatan estrogen dan payudara kita bisa lebih sensitif dari sebelumnya.

4. Meredakan stres

Orgasme melalui hubungan seks saat sedang hamil ternyata bermanfaat untuk meredakan rasa stres.

Sebab, orgasme membanjiri tubuh kita dengan oksitosin, hormon yang menghasilkan endorfin, yang membuat kita merasa tenang dan bahagia.

"Ketika kita merasa stres, pertimbangkan bahwa seks melepaskan endorfin yang dapat membuat kita merasa lebih aman dan bahkan mengurangi rasa sakit," kata Schwartz.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/05/203117820/4-manfaat-aktif-bercinta-di-masa-kehamilan

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.