Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Centella Asiatica dan Manfaatnya untuk Kulit

Daun ini memiliki beragam nama lain. Mengutip Kompas.com (21/03/2021), nama lain Centella asiatica seperti daun pegagan di Indonesia dan gotu kola di India.

Meski dikenal karena khasiatnya untuk kulit, daun yang mudah tumbuh dan dapat ditemukan di rawa-rawa itu sebetulnya punya banyak khasiat untuk menyembuhkan aneka penyakit.

Dalam buku Seri Mukjizat Daun: Dan Pegagan yang ditulis oleh Hieronymus Budi Santoso (2019), misalnya, Centella asiatica disebut mampu mengobati demam, hipertensi, amandel, sariawan, batul, sesak napas, hingga memperlancar buang air kecil.

Daunnya dapat dikonsumsi dengan cara tumis sayur atau menjadikannya teh. Namun, daun Centella asiatica juga bisa diolah menjadi keripik, bahan tambahan cendol, lotek, hingga minuman kekinian seperti milshake.

Manfaat Centella asiatica untuk Kulit

Seperti yang telah disebutkan Centella asiatica banyak dikenal karena manfaatnya terhadap kulit.

Laman WebMD, misalnya, menyoroti beberapa manfaat Centella asiatica untuk kulit, antara lain:

Skincare dengan ekstrak Centella asiatica

Sejumlah produk kecantikan memadukan Centella asiatica dengan kandungan lainnya untuk mengoptimalkan khasiatnya.

Termasuk salah satunya rangkaian PureHeal's Centella Line. Produk yang terdiri dari empat produk, mulai dari toner, ampoule, krim, hingga krim mata, ini memadukan ekstrak Centella asiatica dengan berbagai kandungan lainnya.

Produk toner, misalnya, memadukan ekstrak Centella asiatica dengan ekstrak Scutellaria baicalensis, dan ekstrak kedelai untuk membantu pembaruan kulit, serta melembapkan dan menjaga daya tahan lapisan kulit.

Sedangkan untuk produk krim, rangkaian ini memadukannya dengan Niacinamide untuk regenerasi kulit serta teh hijau untuk menyeimbangkan kadar minyak dan air pada kulit. Sedangkan krim mata dalam rangkaian ini diklaim mampu membantu mengatasi keriput dan garis-garis halus dengan kandungan Sodium Hyaluronate dan ekstrak Propolisnya.

Pemilihan bahan alami dalam rangkaian ini diharapkan mampu membantu para pengguna mengatasi masalah kulit yang dialami.

"PureHeal’s percaya pada kebaikan yang dapat diberikan alam jika diolah dengan ilmu dermatologi dan inovasi yang tepat akan menciptakan formula yang dapat mengembalikan kesehatan serta meningkatkan kondisi kulit," kata Brand Manager PureHeal's, Lia Wijaya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/08/19/115332520/mengenal-centella-asiatica-dan-manfaatnya-untuk-kulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke