Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Orang Senang Bikin Akun Anonim di Media Sosial?

KOMPAS.com - Di media sosial kita mungkin sering menjumpai ada akun-akun yang memberi komentar kasar dan nyinyir pada unggahan tertentu. Seringkali komentar brutal itu dilontarkan oleh akun anonim alias tak memakai nama asli.

Akun anonim itu biasanya tidak memakai foto profil atau terkadang mencomot foto artis dan memakai nama samaran atau inisial.

Pembuat akun anonim berusaha merahasiakan identitas dirinya agar ia bisa bebas berpendapat di dunia maya.

Sebuah studi berjudul "Digital Reputation" yang dilakukan perusahaan perangkat lunak antivirus Kaspersky pada November tahun lalu mengungkap alasan di balik menjamurnya akun anonim di medsos.

Menurut studi yang melibatkan 1.240 responden tersebut, akun anonim dibuat untuk memengaruhi reputasi individu dan perusahaan di dunia digital.

General Manager Kaspersky untuk Asia Tenggara Yeo Siang Tiong menjelaskan, lebih dari 3 dari 10 pengguna medsos di Asia Pasifik mengaku memiliki profil medsos tanpa menyertakan nama asli, foto, dan informasi identitas pribadi.

Kemudian, platform yang paling banyak digunakan pengguna untuk merahasiakan identitas mereka adalah Facebook (70 persen).

Selain Facebook, pengguna juga membuat akun anonim di platform lain seperti YouTube (37 persen), Instagram (33 persen), dan Twitter (25 persen).

"Meskipun tidak terdengar umum, penggunaan profil tanpa nama dan wajah memiliki dua persepsi," sebut Yeo.

"Hasil survei mengungkap bagaimana kenyataan ini memungkinkan individu untuk mengejar hasrat mereka dan memanfaatkan kebebasan berbicara."

"Tetapi pada saat yang sama, penggunaan profil tersebut juga untuk melakukan aktivitas berbahaya dan merugikan," sambung dia.

Secara umum, ada banyak alasan mengapa seseorang merahasiakan identitas mereka ketika bermain media sosial.

1. Merasa ketakutan

Beberapa orang takut mengungkapkan apa yang mereka pikirkan tetapi masih menginginkan kebebasan berbicara.

Karena mereka tidak ingin mengambil risiko, mereka merahasiakan identitas mereka, atau memilih menggunakan nama samaran.

Orang seperti ini akan menciptakan persona baru dan menggambarkan diri mereka lebih terbuka ketimbang di kehidupan nyata.

2. Malu

Tak sedikit orang yang malu dengan kata-kata yang mereka tuliskan di internet. Kemungkinan besar, mereka menyadari pendapat mereka tidak populer jika dibandingkan dengan teman-teman mereka.

Atau, bisa juga mereka menggunakan akun anonim untuk menyatakan perasaan pada seseorang yang disukai, namun belum berani mengatakannya secara langsung.

3. Ingin berbuat jahat

Seringkali, orang membuat akun anonim untuk berbuat jahat. Hanya saja mereka tidak ingin bertanggung jawab atau menerima konsekuensi dari perbuatan mereka.

Mereka melakukan bullying pada orang lain, atau mengungkapkan kebencian dengan membalas dendam pada seseorang yang bahkan tidak dikenal mereka.

4. Mengekspresikan diri

Banyak orang menciptakan akun anonim karena mereka ingin mengekspresikan diri tanpa menarik perhatian teman atau anggota keluarga.

Jadi, mereka membuat akun anonim untuk mengunggah karya-karya mereka di medsos, entah itu gambar, artikel, lagu, dan banyak lagi.

5. Bersembunyi

Seseorang mencari wadah di mana mereka bisa melakukan apa pun sesuai keinginan mereka tanpa disadari orang yang mereka kenal maupun tidak.

Orang seperti ini umumnya tidak membuat akun anonim dengan niat buruk. Mereka hanya menginginkan sesuatu untuk diri mereka.

6. Mengatakan kejujuran

Sebagaimana disinggung di poin sebelumnya, orang cenderung bisa lebih jujur ketika identitas mereka dirahasiakan.

Mungkin saja, mereka ingin mengatakan sesuatu yang tulus kepada pujaan yang mereka sayangi. Namun mereka tidak ingin sosok yang dipuja itu mengetahui siapa mereka.

7. Kurang percaya diri

Seseorang berusaha menjadi pribadi yang berbeda dari diri mereka biasanya. Kemungkinan mereka akan berusaha tampil ceria, menyebarkan lelucon, atau menunjukkan bahwa mereka adalah sosok yang tangguh.

Dengan adanya akun anonim, mereka lebih bebas untuk melakukan semua itu pada orang lain yang mereka temui di medsos.

8. Melindungi keamanan diri

Akun anonim juga dibuat untuk satu alasan simpel, yakni menjaga privasi. Mereka ingin menulis apa yang mereka inginkan, atau mengatakan apa yang mereka mau tanpa mengkhawatirkan orang lain mengetahui di mana mereka tinggal.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/09/09/074703420/kenapa-orang-senang-bikin-akun-anonim-di-media-sosial

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke