Salin Artikel

Baru, Arloji Breitling "American Airlines" Hanya Dirilis 100 Buah

Dan saking eratnya, pada 2019 silam, Breitling merayakan koneksinya itu dengan merilis beberapa arloji bertema maskapai vintage, yang terinspirasi dari corak jet ikonik TWA, Pan Am, dan Swissair.

Lalu di tahun 2021 ini, Breitling kembali mengadaptasi konsep tahun 60-an dan 70-an dengan merilis sebuah Navitimer baru untuk menghormati American Airlines.

Breitling Navitimer B01 Chronograph 43 American Airlines Limited Edition, nama arloji baru itu, menampilkan warna yang lebih halus dan seimbang serta gerakan yang nampak lebih modern.

Cangkang stainless steel berukuran 43 mm dari Breitling Navitimer B01 Chronograph 43 American Airlines Limited Edition ini tetap mengikuti formula Navitimer klasik.

Arloji ini dibekali piston pusher, chamfered lug yang meruncing, serta coin edge slide rule bezel-nya yang khas.

Lalu, layaknya desain Navitimer lainnya, ukurannya cukup besar di pergelangan tangan, dengan kristal safir terlihat menyelimuti skala bezel bila dilihat dari atas.

Finishing arloji ini memang memperkuat nuansa vintage-nya. Namun jika melihat casing belakangnya, arloji ini justru tak memperlihatkan tema tahun 70-an.

Pasalnya, Breitling melengkapi Navitimer ini dengan display window safir yang dihiasi dengan sebuah variasi dari logo elang klasik American Airlines, hingga terlihat lebih menarik.

Nah, sementara bagian lain dari Navitimer B01 Chronograph 43 American Airlines Limited Edition sangat kental akan kesan akhir tahun 60-an dan 70-an dengan warnanya yang terang dan berani.

Rupanya, logo elang yang ada dalam arloji hanya digunakan oleh dari1945 hingga 1962, dan elang itu juga tidak pernah menghadap ke arah kiri sejak diperkenalkan pada 1931 silam.

Mungkin, perubahan desain logo ini bisa saja membuat adanya perpecahan di kalangan penggemar dunia penerbangan.

Namun, tak bisa dipungkiri bahwa perubahan ini memberi nuansa baru pada penampilan arloji tersebut.

Lalu jika bicara soal ketahanan dalam air, arloji ini masih sama seperti lini Navitimer lainnya yang “lemah” pada air. Arloji ini hanya bisa bertahan di dalam air hingga kedalaman 30 meter.

Dari segi desain dial-nya, Breitling Navitimer B01 Chronograph 43 American Airlines Limited Edition terlihat mirip dengan saudaranya, Navitimer B01 Chronograph 43 Pan Am yang dirilis pada 2019.

Soal warna, memang American Airlines masih memiliki warna merah, putih, dan biru. Namun, arloji ini seakan menyeimbangkan kembali proporsi warna-warna itu guna memberi tampilan yang lebih bersih dan kohesif.

Perbedaan mencolok lain dengan varian sebelumnya adalah cincin terluar dari slide rule scale-nya memiliki warna putih.

Kemudian, sentuhan warna merah yang berani nampak hadir di jarum chronograph baton handset, elemen kunci dari skala chronograph serta slide rule scale.

Perbedaan lainnnya terlihat  samar, meski sangat berdampak pada “kebersihan” desain arloji.

Contohnya, jika versi Navitimer airline capsule collection sebelumnya memiliki warna unik dengan teks dial hitam pekat, semua teks dalam arloji ini memiliki warna biru atau putih cerah.

Penyesuaian kecil ini menunjukkan interaksi menarik antara elemen putih dan warna biru medium matte berani, dengan nuansa merah yang patut disorot.

Kendati demikian, arloji ini tetap sebuah Navitimer yang terlihat dari berbagai kerumitan visualnya.

Namun, perubahan kecil ini tetap memiliki dampak pada kesan yang didapat dari visual di berbagai skala dan subdial-nya.

Satu-satunya pengecualian untuk warna baru ini adalah jendela tanggal 4:30, yang menggunakan date wheel hitam yang sangat kontras dengan penampilannya.

Chronograph pada Breitling Navitimer B01 Chronograph 43 American Airlines Limited Edition juga mengalahkan chronograph pada seri-seri sebelumnya.

Dengan chronometer yang disertifikasi oleh COSC atas akurasinya, B01 menggunakan kopling vertikal dan column wheel dalam komplikasi chronograph-nya, menawarkan cadangan daya 70 jam yang besar dan kuat pada laju ketukan 28.800 bph.

Finishing untuk B01 pun sederhana dan bagus secara visual, dengan campuran tekstur Côtes de Geneve, brushing, dan sunburst.

Breitling juga melengkapi Navitimer B01 Chronograph 43 American Airlines Limited Edition dengan opsi mesh bracelet Milanese cerah atau strap kulit cocoa brown yang klasik.

Breitling Navitimer B01 Chronograph 43 American Airlines Limited Edition ini hanya akan dirilis sebanyak 100 buah saja, dengan 75 buah memiliki strap kulit.

Sementara, 25 model lainnya akan dilengkapi dengan mesh bracelet Milanese.

Arloji ini pun hanya bisa didapatkan secara eksklusif melalui dealer resmi di Amerika Serikat, dengan harga 8,650 dolar AS atau sekitar Rp 123 juta untuk versi strap kulit, dan 9.350 dolar AS atau Rp 133 juta untuk versi mesh bracelet.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/10/02/190000320/baru-arloji-breitling-american-airlines-hanya-dirilis-100-buah

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.