Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

11 Cara Rumahan untuk Merawat Rambut Kering

Beberapa penyebab rambut kering meliputi frekuensi penggunaan alat styling yang terlalu sering, menggunakan pewarna rambut, terlalu sering keramas, terlalu sering mengenakan pengering rambut, kekurangan asupan nutrisi tertentu, dan lainnya.

Menurut MedicineNet, rambut kering akan lebih rentan kusut, rusak, dan rontok karena kehilangan kelembapannya. Untuk itu, mencari cara merawat rambut kering yang tepat bisa membantu mencegah kerusakan rambut lebih lanjut.

Cara merawat rambut kering secara alami

Ada beberapa cara merawat rambut kering yang mudah dipraktikkan untuk mengembalikan kelembapan rambut, di antaranya:

Jika memungkinkan, hindari pula mencuci rambut menggunakan air panas. Mencuci rambut menggunakan air dingin dapat membantu mengunci kelembapan di batang rambut.

Serum rambut tak hanya melembapkan rambut, tetapi juga melindunginya dari efek kerusakan karena paparan sinar matahari, panas, dan kotoran. Jika mencari cara merawat rambut kering, jangan lupakan tips ini. Aplikasikan beberapa tetes serum rambut pada rambut yang baru dicuci ketika masih dalam kondisi lembap.

Untuk membantu memulihkan dan mencegah kerusaman, lakukan pijat ringan selama 30-60 menit sebelum kemudian membilas rambut.

Kita juga bisa menggunakan campuran minuman zaitun atau minyak kelapa yang ditambah dengan beberapa tetes minyak esensial, seperti minyak pohon teh atau minyak peppermint untuk menstimulasi folikel rambut.

Kita juga bisa menyiapkan masker rambut menggunakan telur dengan cara menambahkan dua sendok teh yogurt dan satu sendok teh madu ke dalam telur. Campur bahan dengan baik, kemudian oleskan pada rambht yang sudah dicuci. Biarkan selama sekitar 30-60 menit, kemudian cuci rambut. Perawatan dengan telur akan membuat rambut lebih halus, bervolume dan berkilau.

Setelah campuran dingin, kita bisa mengaplikasikannya ke rambut dan kulit kepala, kemudian gosok dengan lembut. Kemudian, biarkan selama beberapa menit sebelum dibilas.

Untuk mempersiapkannya, haluskan daging alpukat matang yang sudah dikupas dan menampurkannya dengan sebutir telur. Aplikasikan pada rambut yang basah selama 20 menit, kemudian bilas hingga bersih.

Untuk memanfaatkan pisang, tumbuk satu buah pisang dan oleskan secara menyeluruh pada rambut, dari akar hingga ujungnya. Biarkan selama satu jam dan bilas dengan air hangat.

  • Minum banyak air

Menghidrasi tubuh dari dalam juga merupakan saah satu cara merawat rambut kering. Minumlah banyak air dan bukan minuman beralkohol. Selain air putih, air kelapa juga merupakan pilihan yang baik.

Secara khusus, mikronutrien seperti biotin, vitamin C, dan vitamin E dapat membuat rambut tumbuh lebih cepat dan lebih tebal.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/05/101524720/11-cara-rumahan-untuk-merawat-rambut-kering

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke