Salin Artikel

10 Cara Self Healing yang Mudah Dipraktikkan di Rumah

KOMPAS.com - Ada beberapa cara self healing yang dapat dipraktikkan di rumah, mulai dari praktik self compassion, melakukan aktivitas yang menenangkan, dan lainnya.

Namun sebelumnya, apa itu self healing?

Secara umum, self healing adalah upaya untuk menyembuhkan luka batin.

Menurut pakar psikologi dari Universitas Airlangga, Yogi Wulandari, MSi dalam laman unair.ac.id, self healing merupakan teknik atau intervensi yang dilakukan ketika seseorang mengalami masalah atau gangguan psikologis.

Pada kondisi tersebut, self healing dibutuhkan untuk mengatasi ketika ada pikiran atau perasaan yang mengganggu fungsi seseorang dalam menjalani aktivitas harian.

Beberapa kondisi tersebut seperti mudah merasa bosan terhadap semua hal, sering kehilangan konsentrasi, atau mengalami kecemasan yang terkadang tidak jelas sumbernya.

Sementara beberapa tanda fisik kita memerlukan self healing antara lain tubuh mudah lelah, susah tidur, atau mengalami keluhan fisik yang tidak bisa dijelaskan penyebabnya.

Cara self healing yang dapat dipraktikkan

Cara self healing yang efektif bagi setiap orang mungkin bisa berbeda-beda. Mencoba dan menemukan cara self healing yang paling pas untuk diri kita sendiri adalah hal yang dianjurkan.

Secara umum, berikut cara self healing yang bisa coba dipraktikkan:

Cobalah pikirkan apa yang selama ini sudah dilakukan oleh bagian-bagian tubuh kita itu. Dalam hati, ungkapkan terima kasih pada tubuh kita karena sudah membantu kita hingga hari ini.

Terkadang, kita marah pada diri sendiri karena sakit atau tidak bisa melakukan suatu pekerjaan, atau ketika mengalami penolakan.

Namun, menurut Berkeley Well-Being Insitute, terlalu keras pada diri sendiri adalah hal yang tidak baik. Kebiasaan itu hanya akan membuat tubuh dan pikiran kita sulit untuk pulih.

Untuk itu, mempraktikkan self compassion atau belas kasih terhadap diri sendiri dapat menjadi bagian dari cara self healing.

Kita bisa memulai dengan menuliskan hal-hal baik tentang diri kita dan bagaimana kita akan mendukung diri kita sendiri untuk bergerak maju dalam hidup.

Bersama dengan ini, kita juga bisa menuliskan bagaimana agar orang lain tidak melewati batas kita.

Hal lainnya, kita bisa mengembangkan keterampilan komunikasi yang asertif sehingga kita bisa mengadvokasi kebutuhan kita dan menjaga diri kita dengan lebih baik.

Ingatlah bahwa kita bisa mengatakan "tidak" untuk hal yang tidak ingin kita lakukan.

Misalnya, jika seseorang menelepon kita sehari lima kali, kita berhak untuk meminta mereka menghubungi kita lebih jarang, atau tidak sama sekali.

Jika seseorang datang ke rumah kita ketika kita sebetulnya tak menginginkan kehadiran mereka, kita berhak meminta mereka pergi -tentunya dengan cara yang baik.

Cobalah sedikit demi sedikit memikirkan batasan-batasan tersebut. Sebab, ini mungkin akan berbeda pada setiap orang.

Ingatkan hal ini pada diri kita secara berulang.

Kita juga bisa pergi ke perpustakaan dan membaca buku-buku tentang membangun kepercayaan diri dan melakukan aktivitas yang disarankan.

Lakukan ini setiap hari dan luangkan lebih banyak waktu untuk aktivitas-aktivitas ini ketika perasaan kita sedang tidak baik.

Jenis aktivitasnya bisa berbeda-beda.

The University of Toledo dan Berkeley Wll-Being Institute, beberapa contoh aktivitas self healing termasuk mempraktikkan mindfulness, jeda dari aktivitas harian, bermain game, membaca buku, mendengarkan musik yang menenangkan, mengurangi makanan tidak sehat, mulai menulis jurnal bersykur, berkebun, dan lainnya.

Adapula beberapa aktivitas perawatan diri yang berkaitan dengan sosial atau spiritual, termasuk berdoa, menghubungi sahabat, berkontak dengan alam, meditasi, dan melakukan refleksi diri.

Semua aktivitas ini dapat dicoba sebagai bagian dari cara self healing dan temukan apa yang paling bekerja untuk diri kita.

Ketika tidur, tubuh melakukan banyak proses pemulihan. Kurang tidur akan melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh lebih sulit untuk memulihkan diri.

Kurang tidur juga berkontribusi terhadap peningkatan hormon stres, seperti norepinephrine dan epinephrine.

Kedua hormon tersebut bisa memicu perasaan kecemasan dan burnout yang lebih parah. Tidur sangatlah penting untuk memulihkan tubuh.

Untuk menenangkan kembali respons saraf simpatetik, kita perlu mengaktifkan sistem saraf parasimpatetik, yang bertanggung jawab untuk mennangkan respons melawan-atau-lari itu, sehingga kita lebih tidak stres.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan pernapasan dalam.

Salah satu teknik pernapasan dalam yang populer adalah "box breathing". Pada teknik ini kita mengambil napas selama empat hitungan, menahan napas dalam empat hitungan, dan membuang napas dalam empat hitungan, kemudian menahannya lagi selama empat hitungan.

Mempraktikkan ini setiap hari bisa membantu mendukung aktivitas parasimpatetik dan menjadi salah satu cara self healing yang mudah dipraktikkan.

Penelitian menunjukkan bahwa intervensi mindfulness bisa membantu mengurangi kecemasan dan depresi, yang pada akhirnya menjadi bagian dari cara self healing.

Kita bisa mengonsumsi teh detoks untuk membantu menghilangkan racun dari tubuh, teh chamomile yang membantu meredakan gejala kecemasan, dan teh peppermint yang membantu mengurangi depresi dan kecemasan.

Buatlah daftar tentang hal-hal apa saja yang akan membuat diri kita lebih baik ketika sedang merasa tidak baik.

Misalnya, ketika merasa lelah, merusak atau menjatuhkan sesuatu, atau menghilangkan sesuatu, kita bisa melakukan hal-hal seperti beristirahat dan mengurangi kafein untuk merasa lebih baik.

Lalu, untuk menghadapi tanda-tanda yang mengindikasikan situasi yang kuran gbaik, seperti merasa sangat depresi atau merasakan banyak emosi negatif ketika bangun tidur, cobalah menuliskan hal-hal yang akan membuat kita merasa lebih tenang, mislanya berbicara dengan orang terdekat, melakukan hal yang kita suka, dan menghubungi dokter.

Pada akhirnya, selain membaca banyak buku atau berbicara dengan orang terdekat, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan profesional ketika merasa semua upaya self healing yang dilakukan belum berhasil.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/11/25/092435820/10-cara-self-healing-yang-mudah-dipraktikkan-di-rumah

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.