Salin Artikel

Lihat, 10 Pesohor Dunia yang Jalani Pola Hidup Vegan dan Plant Based

Menariknya, kedua pola makan ini tidak hanya diadopsi oleh orang awam, tapi juga diikuti oleh sederet penyanyi dan selebritas dunia.

Ada pun, orang-orang yang menjalani vegan menghindari praktik konsumsi daging, ikan, susu.

Mereka juga mengecam semua bentuk eksploitasi dan kekejaman terhadap hewan sebagai makanan, pakaian, atau tujuan lainnya.

Sementara itu, plant based merupakan pola makan yang lebih fokus pada buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Orang yang memilih plant based juga mengutamakan makanan yang belum banyak diolah dan sebisa mungkin mirip seperti kondisi mentah.

Lalu, siapa saja para pesohor dunia yang memutuskan menjadi seorang vegan atau plant based?

1. Billie Eilish

Billie Eilish memang dibesarkan dalam keluarga vegetarian. Jadi, keputusannya untuk menjadi vegan bukanlah hal yang mengejutkan.

“Menjadi vegan bukanlah masalah besar bagi saya karena daging tidak pernah menjadi masalah dalam hidup saya."

"Melewatkan daging, bukan berarti saya melewatkan sesuatu," ujar dia dalam sebuah video di YouTube pada taun 2018 silam.

Ketika pelantun "Bad Guy" ini menjawab pertanyaan dari aktris Halle Berry dan penggemar lainnya selama wawancara 2021 dengan British Vogue, Eilish vokal tentang cara hidupnya.

Ia juga sangat berani menyuarakan pendapatnya soal industri daging dan susu.

“Saya vegetarian. Saya sudah menjadi vegan selama tujuh tahun," tegas Eilish.

"Begitu kalian tahu hal semacam itu dan kalian melihatnya, sangat sulit untuk kembali," tambah dia.

"Meskipun saya punya banyak teman yang makan produk susu dan daging dan saya tidak pernah ingin memberi tahu siapa pun apa yang harus dilakukan."

"Saya tidak bisa melanjutkan hidup saya dengan mengetahui apa yang terjadi di dunia hewan dan seperti, tidak melakukan apa-apa.”

2. Zac Efron

Bintang The Baywatch (2017) beralih ke pola makan plant based untuk meningkatkan kesehatan fisik dan mentalnya.

"Saya telah bereksperimen dengan makan vegan murni. Itu benar-benar mengubah cara tubuh saya bekerja," ujar Efron saat diwawancarai Teen Vogue pada tahun 2018.

"Dan, cara saya memetabolisme makanan, cara mengubahnya menjadi energi, cara saya tidur. Itu sangat brilian."

"Ini bagus untuk latihan saya, dan bagus untuk rutinitas saya," lanjutnya.

Aktor berusia 47 tahun ini sudah menjadi vegan sejak usia tiga tahun.

“Benar-benar melihat ikan ini dibunuh ketika saya berada di kapal saat masih kecil."

"Mereka sedang menangkap ikan, dan saya kira untuk membuat pingsan, tapi mereka melemparkannya ke sisi perahu."

"Saya baru saja mendapat reaksi kuat yang mendalam. Rasanya seperti ketidakadilan yang nyata," ungkap dia saat berbincang dengan Collider.

“Saya pikir itu membuat saya tidak percaya, dan marah, dan takut pada manusia, kemanusiaan."

"Saya hanya berpikir itu adalah penyalahgunaan kekuasaan yang kejam. Saya pikir pada saat itu kami tahu bahwa kami tidak akan makan daging lagi."

"Kami berkata kepada orangtua kami, 'mengapa kalian tidak memberi tahu kami?' Sungguh menakjubkan," lanjut Phoenix.

"Saya ingat wajah ibu saya, saya ingat dia menangis. Dia tidak tahu bagaimana menjawabnya. Menjadi sangat jelas bahwa kami tidak akan makan daging lagi."

Pemeran Joker (2019) ini cukup terbuka dan tidak berbasa-basi mengkritik industri susu selama pidato penerimaan Oscar pada tahun 2020.

Ia bahkan mendesak penonton untuk mengadopsi gaya hidup yang lebih hijau, mendukung hak-hak hewan, dan mengurangi penderitaan hewan.

4. Ariana Grande

Dalam unggahan di akun Twitter-nya pada tahun 2013, Ariana Grande mengungkapkan pola makan nabatinya.

"Saya sudah makan secara organik sejak saya masih kecil dan selalu meminimalkan daging, tetapi hari ini menandai hari pertama saya sebagai 100 persen vegan. Hari yang menyenangkan," tulis dia.

Saat ditanya tentang alasannya mengadopsi pola makan vegan, Ariana Grande mengatakan kepada Mirror pada tahun 2014, dia mencintai hewan lebih dari mencintai orang lain.

"Tetapi saya sangat percaya pada pola makan nabati yang lengkap, makanan utuh yang dapat memperpanjang umur dan membuat kita menjadi orang yang lebih bahagia," kata Grande.

"Sulit untuk makan di luar, tetapi saya hanya berpegang pada apa yang saya tahu sayuran, buah, dan salad lalu ketika saya pulang, saya akan memiliki sesuatu yang lain."

5. Jenna Dewan

Aktris sekaligus penari asal Negeri Paman Sam, Jenna Dewan, melengkapi deretan pesohor yang menganut vegan.

Ia diketaui sudah menjadi vegan sejak usia 10 tahun.

"Keesokan harinya setelah menonton film dokumenter saya berkata 'saya tidak pernah makan daging lagi'."

"Saya merasa baik tentang hal itu secara moral dan fisik," ungkap Dewan dalam wawancaranya bersama Women's Health pada tahun 2018.

Tidak hanya menerapkan vegetarian, penang Golden Globe Award ini juga cukup vokal menyuarakan pendapatnya soal eksploitasi hewan.

"Susu dan telur tidak hanya berasal dari sapi dan ayam, mereka berasal dari sapi betina dan ayam betina."

"Kami mengeksploitasi tubuh wanita dan menyalahgunakan keajaiban hewan betina untuk membuat telur dan susu.”

Hal ini ia ungkapkan kala berbicara kepada 16.000 orang pada tahun 2018 di WE Day.

Ada pun WE Day merupakan pertemuan aktivis yang diadakan di Los Angeles, Amerika Serikat.

7. Rooney Mara

Aktris ini telah menjadi vegetarian sejak kecil. Namun, pada tahun 2011 ketika ia merasa tidak mungkin untuk mengonsumsi daging atau produk hewani lainnya, ia menjadi vegan sejak saat itu.

Mara telah mendukung pola makan vegan pada beberapa kesempatan dan memilih pakaian yang tidak terbuat dari bahan hewani.

Komitmennya sebagai vegan pernah ia tegaskan saat berbicara kepada Coveteur pada tahun 2018.

“Saya telah menjadi vegetarian sejak saya berusia sembilan tahun. Hidup dan mati hanya karena orangtua saya mengatakan kepada saya bahwa saya adalah pemilih makanan dan tidak akan selalu membiarkan saya."

"Kemudian, sekitar tujuh tahun yang lalu, seseorang mengirimi saya video penyamaran babi yang mengerikan ini, yang membawa saya ke video mengerikan lainnya dan video mengerikan lainnya. Saya pergi ke lubang kelinci YouTube," ucap dia.

8. Jessica Chastain

Awal mula Jessica Chastain menjadi vegan dimulai saat berusia 20 tahun ketika ia mulai merasa sedikit kekurangan energi.

Saat itulah, bintang Interstellar (2014) ini berubah menjadi seorang vegan pada tahun 2005. Pola makan vegannya membantu Chastain merasa lebih sehat dan enerjik.

“Saya menyadari kerang yang saya makan mengandung kolesterol tinggi, dan diet saya tidak membantu saya, jadi saya mengubah hal itu," ujar dia kala berbincang dengan Majalah W pada tahun 2017.

"Dan, kemudian saya mendapati diri saya menjadi veganisme karena seorang teman saya memiliki program pengiriman makanan vegan selama dua minggu yang tidak akan dia gunakan, jadi saya menggunakannya."

"Dan segera saya memiliki lebih banyak energi daripada yang pernah saya miliki dalam hidup saya," tambah dia.

“Mungkin hanya karena tidur dan diet. Jika kalian sering bepergian jauh atau tidak banyak tidur, itu tidak akan bertahan lama, itu sudah pasti," kata dia dalam sebuah wawancara dengan GQ pada tahun 2013.

"Saya cukup sehat jadi saya pikir itu sangat membantu. Saya sudah seperti itu untuk waktu yang lama, 20 tahun yang padat untuk makan vegetarian/vegan dan menjaga diri saya sendiri. Itu mungkin membantu proses pelestarian.”

10. Alicia Silverstone

Aktris ini mengadopsi pola makan vegan karena alasan lingkungan. Tetapi, lama kelamaan ia menyadari manfaat kesehatan dari pola makan ini.

“Saya menerapkan pola makan ini untuk hewan, tetapi kejutan terbesar adalah betapa menakjubkannya perasaan saya!"

"Saya membuang inhaler asma saya, menghentikan suntikan alergi mingguan saya, kehilangan berat badan, dan memiliki cahaya baru dari kulit dan rambut saya."

"Saya merasa luar biasa karena memiliki lebih banyak energi dan suasana hati yang seimbang. Cara makan ini mengubah saya."

"Sejak itu saya tidak membutuhkan kafein, aspirin, atau antibiotik. Tubuh saya menyembuhkan dirinya sendiri dengan menjadi nabati," imbuh Silverstone dalam sebuah wawancara tahun 2014 dengan Food & Wine.

https://lifestyle.kompas.com/read/2021/12/15/181808820/lihat-10-pesohor-dunia-yang-jalani-pola-hidup-vegan-dan-plant-based

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.