Salin Artikel

Beli Produk Kesehatan, Apa Saja yang Perlu Dicermati?

KOMPAS.com - Di tahun 2022 ini kita pasti makin sadar bahwa kesehatan itu penting. Pandemi tentunya telah mengubah pola pikir terhadap pentingnya kesehatan.

Demi menjaga kesehatan, banyak pula dari kita yang kemudian terdorong untuk mengkonsumsi berbagai suplemen kesehatan karena merasa harus menjaga diri dari virus-virus yang tidak kasat mata.

Menurut Head of Marketing and Communication Amway Indonesia, Dharmaparayana Sthirabudi, kini konsumen bukan hanya semakin sadar akan pentingnya kesehatan, namun juga semakin kritis dan memperhatikan kualitas.

“Konsumen yang semakin cerdas dan kritis dalam memperhatikan kualitas produk kesehatan telah mendorong pelaku industri kesehatan untuk terbuka dan memastikan produk mereka aman dan efektif,” ujarnya.

Nah, sebelum membeli dan mengkonsumsi produk kesehatan, ada baiknya kita mempelajari baik-baik untuk memastikan kualitas dari produk kesehatan yang akan kita beli. Apa saja yang perlu dicermati?

1. Cermati kemasannya

Kemasan sejatinya berfungsi untuk melindungi produk dari kontaminasi. Obat-obatan atau vitamin dan suplemen yang baik memiliki kualitas kemasan yang baik dan kuat, serta tidak mudah rusak.

2. Cek komposisinya

Konsumen bisa mencermati komposisi yang biasanya tertera pada label di kemasan. Sebaiknya sebelum memilih suatu produk, konsumen kenali dulu kebutuhan tubuhnya masing-masing, sehingga dapat memilih produk dengan komposisi yang paling tepat.

3. Periksa tanggal kedaluwarsa

Cara ini tentunya bukan hanya penting dilakukan ketika memeriksa kualitas produk obat-obat serta vitamin dan suplemen, melainkan produk apapun yang akan masuk ke tubuh kita atau diaplikasikan pada tubuh, seperti makanan, produk perawatan kulit dan kecantikan.

4. Pastikan kealamian bahan bakunya

Produk kesehatan terbaik tentunya adalah yang menggunakan bahan alami dan diproduksi dengan metode yang tidak beresiko mengurangi kadar nutrisi alami dari bahan baku tersebut.

5. Periksa ijin edar

Indonesia memiliki Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) yang bertugas untuk
memastikan produk makanan dan kesehatan atau obat itu asli.

Semua produk makanan dan kesehatan harus terdaftar dan memiliki izin edar dari BPOM, tak terkecuali vitamin dan suplemen.

6. Kenali perusahaan produsen dan telusuri proses pembuatannya

Penting sekali bagi konsumen untuk memilih produk obat, vitamin, suplemen kesehatan yang #AsalnyaJelas, bukan hanya perusahaannya yang jelas, melainkan juga bahan baku dan proses produksinya.

Dalam hal ini, konsumen bisa mencari tahu kredibilitas perusahaan, proses manufaktur, tanggung jawab perusahan, serta testimoni dari konsumen lainnya.

Produsen produk kesehatan yang mementingkan kualitas, tentunya tidak ragu untuk menunjukan proses manufakturnya.

Bahkan kini banyak perusahaan yang sudah membuka akses bagi konsumen untuk secara langsung memeriksa asal dari bahan baku produk yang mereka konsumsi.

Fitur yang sering disebut “traceability” ini semakin marak di pasaran, mengingat konsumen semakin cerdas dan semakin memperhatikan kualitas.

Bicara mengenai traceability, Nutrilite adalah merek produk kesehatan yang telah menawarkan konsumennya akses untuk melihat secara virtual lokasi perkebunan tempat ditanamnya bahan baku produk-produk Nutrilite.

Fitur berbasis web ini telah dikembangkan sejak tahun 2019. Melalui sebuah website, konsumen dapat memantau proses produksi suplemen kesehatan Nutrilite.

Kita bisa melihat perkebunan tempat bahan baku ditanam secara real-time, hingga menelurusi kualitas bahan baku produk karena setiap benih yang digunakan memiliki akta kelahiran hingga produk sampai ke tangan konsumen.

Hal ini bertujuan agar konsumen lebih yakin akan kualitas dari setiap butir produk yang mereka konsumsi.

“Itu menjadi prinsip utama yang mendasari janji Nutrilite, yaitu ‘dari benih menjadi produk’, yang artinya kami melakukan semua prosesnya sendiri dari mulai pemilihan benih hingga menjadi produk jadi, serta memperhatikan kualitas setiap benihnya juga kualitas prosesnya,” ujar Dharmaparayana.

Nah, ternyata pandemi bukan hanya mengajarkan kita pentingnya kesehatan, tetapi juga memberi kendali lebih untuk mengawasi kualitas produk kesehatan. Apakah produk kesehatan yang kamu konsumsi #AsalnyaJelas?

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/09/193756720/beli-produk-kesehatan-apa-saja-yang-perlu-dicermati

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.