Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menghadapi Anak yang Malas Belajar

Saya memiliki anak berusia 9 tahun, laki-laki. Dia adalah anak yang sehat dan ceria. Dia juga banyak teman di lingkungan rumah. Tetapi akhir-akhir ini ia selalu malas belajar. Ia sudah mulai sekolah offline tapi ada juga yang online (hybrid).

Di sekolah kata gurunya ia baik-baik saja, tapi di rumah ia malas belajar kalau ada ulangan dan sering lupa mengerjakan PR.

Saya sudah membujuknya, dari cara halus sampai keras supaya ia mau belajar. Ada saja alasannya, mulai dari ngantuk sampai lupa. Memang nilainya tidak ada yang buruk sampai di bawah KKM, tapi sebenarnya nilainya menurun. Apa yang sebaiknya kami lakukan supaya dia kembali rajin belajar.
Amelia, Bandung

Orangtua bisa bantu mendampingi anak saat mempelajari materi yang dianggap sulit. Selain itu, Ibu dan suami juga perlu menerapkan jadwal harian untuk anak agar ia terbiasa dengan pola terstruktur.

Jangan lupa, saat menyusun jadwal harian, anak perlu dilibatkan agar jadwal disepakati bersama-sama.

Tips saat menyusun jadwal adalah dahulukan kegiatan membuat PR, tugas, atau belajar, baru
disusul dengan kegiatan bermain, menonton televisi, dan sebagainya. Hal ini dilakukan agar anak terbiasa untuk melakukan kewajibannya terlebih dahulu.

Orangtua juga perlu mengetahui bahwa pembelajaran jarak jauh yang sudah berlangsung selama dua tahun sejak pandemi COVID-19 memang membuat kejenuhan pada anak-anak dalam mengikuti pembelajaran.

Usahakan ketika anak menjalani sekolah daring/online school, anak bisa melakukan kegiatan fisik minimal 1 jam atau 30 menit sebelum pembelajaran dimulai. Kegiatan fisik seperti bersepeda atau olahraga ringan dapat memacu hormon endorfin. Hormon ini dapat meningkatkan suasana hati (mood) menjadi lebih baik.

Narasumber: Jane Cindy Linardi M.Psi

Psikolog dari RS Pondok Indah - Bintaro Jaya

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/03/26/132702020/cara-menghadapi-anak-yang-malas-belajar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke