Salin Artikel

Cara Mudah Menanam dan Merawat Bunga Matahari

KOMPAS.com - Bunga matahari merupakan salah satu tanaman yang populer untuk dijadikan hiasan karena berbagai warnanya yang cerah, seperti kuning terang, oranye, dan merah.

Sayangnya, bunga dengan nama ilmiah Helianthus annuus ini bukanlah bunga yang mudah ditanam. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk menanamnya.

Misalnya, mengecek seberapa tinggi bunganya akan tumbuh. Pasalnya, bunga matahari bisa tumbuh hingga tingginya mencapai enam meter, sehingga memerlukan tempat yang cukup luas dan memadai.

Lalu, kita juga tidak boleh salah dalam memilih jenis bunga matahari jika menginginkan sesuatu yang spesifik seperti warna atau ukuran.

“Saya merekomendasikan bunga matahari unik yang dapat menambah warna pada halaman. Double Dandy, Ms Mars, Procut Plum dan Claret adalah favorit saya,” ujar pakar berkebun Isabelle Palmer dalam artikel yang ditulisnya di situs Good Housekeeping.

Jenis “Giraffe” juga bisa dipilih jika kita menginginkan bunga matahari raksasa berwarna kuning cerah. Bunga matahari jenis ini bisa tumbuh higga hampir lima meter.

Ada pula jenis Russian giant yang cocok bagi penyuka tanaman besar.

“Varietas kecil yang cocok untuk container gardening adalah Baby Bear, Little Dorrit, Copper Queen and Vanilla Ice,” lanjut Palmer.

Menurutnya, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menanam benih bunga matahari dengan media kompos multiguna bebas gambut.

“Saya biasanya menambahkan beberapa mineral Vermiculite (sejenis media tanam alternatif) untuk menambah drainase pot,” ujar Palmer.

Langkah kedua, tanam satu benih di pot gambut dengan kedalaman sekitar 1,5 cm. Jangan lupa untuk menyirami dan menutup pot dengan cloche atau kantung plastik freezer.

Letakkan pot itu di ambang jendela yang tidak terkena sinar matahari langsung dan pastikan kompos selalu lembap.

Setelah benih berkecambah (biasanya setelah 10-14 hari), buka penutup pot. Kita bisa menanam benih ini di luar ruangan setelah udara tidak terlalu dingin.

Namun perlu diingat, kita perlu melakukan “hardening” alias, membiasakan tanaman dengan kondisi di luar ruangan.

Jadi, dua minggu sebelum menanam bunga matahari di luar ruangan, bawalah pot ke luar saat siang hari, dan bawa kembali mengambil ke dalam pada malam hari.

Jika ingin menanam dengan proses yang lebih sederhana, bisa langsung menananam benih bunga matahari ke dalam wadah atau tanah saat udara tidak terlalu dingin.

Hanya saja, pastikan untuk membersihkan tanah dari rerumputan dan menambahkan kompos ke dalamnya.

Seperti namanya, bunga matahari membutuhkan sinar matahari penuh. Jadi, letakkan di tempat yang cerah.

Terakhir, buat jarak sekitar 45 cm dari tanah saat menanamnya. Untuk varietas kerdil, kita bisa menanam sekitar tiga benih per potnya dalam pot berukuran 40cm.

Lalu, jangan lupa untuk memupuk bunga matahari setiap satu minggu sekali setelah bunga-bunganya mulai muncul.

Nah, karena bunga matahari bisa menjadi sangat berat jika meninggi, berilah tongkat kayu di belakangnya. Ini penting untuk membuat bunga tumbuh lurus ke atas dan mencegahnya bengkok atau patah.

Bunga matahari juga merupakan makanan favorit siput. Jadi, lindungi bunga kita dengan menggunakan pelet wol yang ramah untuk hewan liar.

Kepala bunga biasanya akan mengundang burung yang lapar, Namun, biarkan saja burung memakannya sebelum kita memangkas bunga saat udara mulai mendingin.

Tips menciptakan bunga matahari yang tinggi

Jika ingin mendapatkan bunga matahari yang tumbuh tinggi, tanam benih langsung di tanah dan posisikan tanaman di bawah sinar matahari penuh.

Jangan lupa, berikan ruang yang cukup serta air dan pupuk yang bagus.

Terakhir, singkirkan tunas samping tambahan dan biarkan tanaman kita hanya memiliki satu tangkai bunga saja. Dengan ini, bunga matahari yang kita tanam akan berfokus untuk tumbuh tinggi.

Memanen biji bunga matahari

Kepala bunga menyimpan biji bunga matahari yang bisa kita makan.

Untuk mendapatkannya, tunggulah sampai kelopak mulai berguguran, lalu, potong bunganya, namun pertahankan batangnya.

Setelah itu, tutupi kepala bunga dengan kantong kertas dan gantung bunga di tempat yang hangat dan kering selama beberapa minggu agar mengering.

Setelah biji kering, cabut biji dari kepalanya dan simpan dalam wadah kedap udara.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/05/19/132324820/cara-mudah-menanam-dan-merawat-bunga-matahari

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.