Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fungsi dan Manfaat Hyaluronic Acid bagi Tubuh

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ristiana D. Putri

KOMPAS.com - Menggunakan produk perawatan memiliki beragam manfaat bagi kulit wajah. Karena produk perawatan mampu memenuhi kebutuhan dengan pelbagai kandungan yang telah disesuaikan jenis dan kondisi kulit kita.

Salah satu kandungan yang kerap digemari oleh beauty enthusiast adalah hyaluronic acid. Bahan aktif ini juga sering kali digabungkan penggunaannya dengan niacinamide agar memberikan hasil yang maksimal.

Hal ini dijelaskan pula dalam siniar Semua Bisa Cantik bertajuk “Hyaluronic Acid dan Niacinamide”. Kita bisa mengaplikasikan hyaluronic acid terlebih dahulu sebelum menggunakan niacinamide. Namun, jika menunjukkan tanda-tanda iritasi, kita bisa hentikan penggunaannya.

Meskipun sel-sel kulit kita memproduksi hyaluronic acid secara alami, tetapi ada beberapa faktor yang bisa menghambatnya. Misalnya, penuaan atau lingkungan yang gersang yang menyebabkan tingkat kelembapan kulit menurun.

Menurut Dr. Maryam Zamani, seorang dokter estetika, hyaluronic acid penting untuk menjaga dan mempertahankan hidrasi kulit. Tak hanya itu, mengutip dari Healthline, ada pula beberapa manfaat lainnya yang bisa tubuh kita rasakan.

1. Membantu Kulit Lebih Kenyal

Hyaluronic acid yang berfungsi menjaga kelembapan bisa membuat kulit terasa lebih kenyal jika dipakai secara konsisten. Kemampuannya dalam mengikat air bisa membuat kulit wajah tampak lebih lembap.

Apabila kulit terhidrasi dengan baik, kerutan dapat berkurang sehingga kulit tampak lebih halus. Bahan aktif ini juga digadang-gadang mampu mengurangi kemerahan dan dermatitis.

Beberapa dokter kulit bahkan menyuntikkan hyaluronic acid untuk menjaga kulit tampak kencang dan awet muda.

2. Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka

Selain karena bagus untuk kulit, ternyata hyaluronic acid juga bisa mempercepat penyembuhan luka. Bahan aktif ini akan mengatur tingkat peradangan dan memberi sinyal pada tubuh untuk membangun lebih banyak pembuluh darah di area luka.

Selain itu, hyaluronic acid mampu mengurangi rasa sakit pada area luka. Bahkan, hyaluronic acid terbukti efektif mempercepat penyembuhan setelah operasi gigi dan menghilangkan bisul di mulut.

Bahan aktif ini juga memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membantu mengurangi risiko infeksi.

3. Meredakan Nyeri Sendi

Di sendi kita ternyata juga terdapat hyaluronic acid yang berfungsi menjaga ruang di antara tulang agar tetap terlumasi dengan baik. Ketika persendian dilumasi dengan baik, tulang tidak akan saling bergesekan sehingga tak menimbulkan rasa sakit.

Namun, bagi orang yang menderita osteoartritis, yaitu penyakit yang menyebabkan pengikisan sendiri, mengonsumsi suplemen dengan kandungan hyaluronic acid akan sangat membantu.

Mengonsumsi setidaknya 80–200 mg setiap hari selama dua bulan telah terbukti secara signifikan mengurangi nyeri lutut pada penderitanya yang berusia antara 40 dan 70 tahun.

4. Meringankan Gejala Asam Lambung

Masih dari sumber yang sama, penelitian terbaru menunjukkan suplemen yang mengandung hyaluronic acid dapat membantu mengurangi gejala asam lambung.

Ini karena hyaluronic acid dapat menenangkan lapisan kerongkongan yang rusak dan mempercepat proses pemulihan yang diakibatkan naiknya gas ke sana.

Tak hanya itu, salah satu penelitian juga memaparkan apabila mengonsumsi suplemen hyaluronic acid dan kondroitin sulfat bersama dengan obat pengurang asam akan menurunkan gejala refluks 60 persen lebih banyak daripada minum obat penurun asam saja.

Meskipun begitu, penelitian ini masih baru. Oleh sebab itu, diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk membuktikan hasilnya.

5. Meringankan Mata Kering

Seiring bertambahnya usia, produksi air mata pun berkurang. Itu sebabnya, hyaluronic acid sering digunakan untuk mengobati mata kering karena kemampuannya untuk melembapkan.

Tetes mata yang mengandung 0,2–0,4 persen hyaluronic acid telah terbukti mengurangi gejala mata kering dan meningkatkan kesehatan mata.

Tak hanya itu, bahan aktif ini pun kerap digunakan selama operasi mata untuk mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan luka.

Dengarkan informasi kecantikan dan kesehatan lainnya hanya melalui siniar Semua Bisa Cantik di Spotify. Di sana, ada banyak tips-tips menarik dan inspiratif yang bisa meningkatkan kepercayaan dirimu!

Ikuti siniarnya agar kalian tak tertinggal tiap ada episode terbarunya. Akses sekarang juga episode ini melalui tautan https://dik.si/sbcpodcast.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/09/20/130000220/5-fungsi-dan-manfaat-hyaluronic-acid-bagi-tubuh

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.