Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Survei 1.200 Pengguna, Tokopedia Jadi Platform Belanja Online Paling Terpercaya

Riset dilakukan di sejumlah kota besar seperti Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan selama 2-15 November lalu.

Survei bertajuk The Most Trusted E-commerce ini digelar oleh Kadence International, lembaga survei pasar Indonesia.

Hasilnya, mayoritas responden menyebut Tokopedia sebagai platform yang paling aman (85 persen), dapat dipercaya (86 persen), serta paling memuaskan dari sisi produk serta layanan pengiriman (86 persen).

Secara keseluruhan, toko hijau ini menjadi platform e-commerce dengan indeks kepuasan pengguna tertinggi (89,68 persen), diikuti oleh Shopee (87,77 persen) dan Lazada (81,61 persen).

Diketahui pula jika pengguna lebih mengutamakan faktor keamanan, kualitas dan keaslian produk, serta pengiriman dibandingkan promo maupun harga yang ditawarkan.

"Dengan banyaknya platform e-commerce yang tersedia, konsumen mencari yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna dalam keseluruhan rantai berbelanja konsumen," jelasnya dalam jumpa media secara virtual, Kamis (09/12/2022).

"Maka dari itu, faktor-faktor seperti jaminan kualitas barang, kemudahan proses pembayaran dan pengiriman, hingga keamanan dalam bertransaksi juga menjadi unsur esensial yang dipertimbangkan oleh pengguna.”

Survei Kadence International juga mendapati keunggulan Tokopedia dalam hal kualitas barang (85 persen), keandalan layanan pengiriman (85 persen), dan keamanan data pribadi pengguna (84 perse).

Dari sisi pembayaran, responden menilai Tokopedia dan Shopee sebagai dua platform e-commerce teratas dalam hal kemudahan pembayaran dan variasi metode.

Sebanyak dimana 88 persen responden memilih Tokopedia, dan 82 persen  memilih Shopee sedangkan Blibli berada pada posisi ketiga dengan 62 persen lalu diikuti Lazada sebesar 60 persen.

Pengguna juga terbukti mempertimbangkan ulasan produk sebelum berbelanja online di e-commerce tersebut.

Kali ini, Shopee dianggap sebagai platform yang paling banyak memiliki ulasan pembeli sebanyak 86 persen, diikuti Tokopedia (76 persen) dan Lazada (52 persen).

Diskon, harga murah maupun promo lainnya berada di posisi kelima dari penilaian pengguna, setelah faktor UI/UX.

Namun aplikasi Shopee dianggap sebagai platform e-commerce yang menawarkan promosi paling menarik oleh 81 persen responden.

Di sisi lain, promosi gila-gilaan tidak berdampak besar dalam menghasilkan kepuasan dan loyalitas pengguna dalam jangka panjang.

Begitu pula pemilihan brand ambassador platform dari kalangan selebritas maupun influencer yang sedang populer.

"Belum banyak muncul faktor itu dari hasil survei kami, lebih banyak menonjolkan review atau kemudahan pencarian produk," ujar Adhistya.

Sebaliknya, unsur keamanan, kualitas, dan pengalaman pengguna lebih diperhatikan untuk menghasilkan tingkat kepercayaan yang lebih tinggi dan pelanggan yang lebih setia.

https://lifestyle.kompas.com/read/2022/12/09/220733920/survei-1200-pengguna-tokopedia-jadi-platform-belanja-online-paling

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke