Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hindari, 6 Makanan dan Minuman yang Bisa Menyebabkan Selulit

Faktanya, menurut Cleveland Clinic, 80-90 persen wanita dewasa memiliki jenis lemak ini di tubuh mereka, sementara kurang dari 10 persen pria dilaporkan memiliki selulit.

Tidak seperti jenis lemak lainnya, selulit mendorong jaringan ikat di kulit yang menciptakan tampilan yang khas, yakni berkerut-kerut.

Meskipun secara medis penyebab selulit belum banyak yang terungkap, namun para ahli percaya bahwa hormon dan genetika memainkan peran utama dalam perkembangannya.

Selain itu, faktor pola makan yang buruk juga dapat menyebabkan kondisi ini karena kecenderungan lemak yang menumpuk di dalam tubuh.

Makanan dan minuman penyebab selulit

Beberapa bukti menunjukkan bahwa makanan dan minuman tinggi lemak, karbohidrat olahan, dan natrium dapat menyebabkan selulit.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah enam makanan dan minuman yang perlu dihindari karena mampu meningkatkan peluang kita untuk mengembangkan lemak selulit yang bisa merusak penampilan.

1. Soft drink

Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa resistensi insulin bisa menjadi faktor yang berkontribusi terhadap perkembangan selulit.

Terlebih, kerusakan pembuluh darah sering terjadi pada penderita diabetes.

Dan karena selulit mungkin sebagian merupakan kondisi pembuluh darah, masalah gula darah dapat mendorong lemak untuk menekan kulit di perut bagian belakang tubuh.

Ada pun penyebab yang jelas dalam hal gula darah adalah minuman soft drink.

Sarat dengan sirup jagung fruktosa tinggi dan pemanis lainnya, minuman ini tidak akan membantu glukosa darah kita.

Sebuah studi tahun 2016 di Circulation juga secara langsung mengaitkan minuman berpemanis seperti soft drink dengan peningkatan lemak perut.

2. Es krim

Diet tinggi lemak tidak hanya menambah kalori yang berkontribusi pada penambahan berat badan, tetapi juga bisa membuat kita rentan terhadap selulit yang tidak sedap dipandang.

Makanan olahan susu penuh lemak seperti es krim adalah sumber kalori dan lemak jenuh yang cukup banyak.

Sekali lagi, hubungan lemak makanan-selulit mungkin ada hubungannya dengan tekanan yang diberikan pembuluh darah kita pada lemak di atasnya.

Menurut sebuah studi tahun 2009, satu kali mengonsumsi makanan tinggi lemak dapat mengganggu fungsi pembuluh darah.

Tidak heran, bila terlalu banyak makan es krim dan makanan olahan susu tinggi lemak lainnya dapat menciptakan tekanan ekstra pada pembuluh darah yang menyebabkan munculnya selulit yang lebih menonjol.

3. Roti putih

Mungkin agak aneh tetapi roti juga merupakan sumber natrium yang jahat.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), roti adalah salah satu dari 10 sumber sodium teratas dalam diet Amerika.

Dan jika kita memilih roti putih, semua natrium itu bisa mendorong munculnya selulit, karena roti putih termasuk dalam karbohidrat olahan.

Mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat olahan sederhana ini telah dikaitkan dengan kemungkinan obesitas yang lebih tinggi karena efeknya pada insulin.

Untuk meminimalkan kemungkinan kenaikan berat badan dan selulit, roti gandum utuh menjadi pilihan yang lebih baik.

4. Sup kalengan

Sumber natrium utama lainnya adalah sup kalengan yang dapat memasok persentase besar dari nilai harian dalam satu porsi.

Cairan yang tertahan dari terlalu banyak sodium dapat membuat selulit terlihat lebih buruk, jadi periksalah label sup dengan hati-hati.

Tentu saja, sesekali mengonsumsi kue-kue ini tidak akan langsung menyebabkan selulit, tetapi menjadikan camilan ini sebagai kebiasaan bisa berdampak pada kondisi tersebut.

6. Pizza

Tidak mengejutkan bahwa pizza bukanlah makanan yang baik untuk menghilangkan lemak tubuh dalam bentuk apa pun, termasuk selulit.

Terlebih, pizza beku dan pizza dari restoran cepat saji tidak hanya mengandung kalori dan lemak jenuh yang tinggi, namun juga mengandung banyak sodium.

Selain itu, keju mozzarella, saus marinara, dan daging yang diawetkan seperti pepperoni dan sosis bisa mengandung garam atau sodium yang berbahaya karena menyebabkan tubuh kita menahan cairan.

Dan saat cairan menumpuk di pembuluh darah, itu bisa mendorong sel-sel lemak selulit lebih terlihat.

Untuk pilihan yang lebih sehat, cobalah membuat pizza sendiri dengan saus merah rendah sodium dan topping sayuran.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/01/07/102600920/hindari-6-makanan-dan-minuman-yang-bisa-menyebabkan-selulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke