Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Aturan yang Dipatuhi Pangeran William tapi Dilanggar Pangeran Harry

Peraturan tersebut terkait perilaku mereka, berpakaian hingga penampilan fisiknya.

Seiring perjalanan hidupnya, aturan kerajaan yang berlaku agak berbeda karena status Pangeran William sebagai calon raja Inggris.

Sebagai anak kedua, Pangeran Harry diberikan kebijakan yang lebih longgar sehingga bebas melanggar beberapa aturan tersebut, sebelum dan sesudah menikah dengan Meghan Markle.

Dalam memoarnya yang sensasional, Duke of Sussex merinci beberapa aturan yang berlaku berbeda untuk dua bersaudara itu.

Berikur daftarnya, seperti dikutip dari Insider.

Sedangkan Pangeran Harry bebas berjanggut panjang saat menikahi Meghan Markle pada 2018 lalu meskipun harus meminta izin pada Ratu Elizabeth.

Anak bungsu Putri Diana itu mengaku masalah tersebut sempat memicu pertengkaran selama seminggu dengan kakaknya karena perbedaan aturan tersebut.

"Menulis ini, saya ingat bahwa William sendiri memiliki janggut, dan nenek serta orang lain yang menyuruhnya untuk mencukurnya," kata Harry saat wawancara dengan Tom Bradby untuk ITV, pekan lalu.

"Perbedaannya bagi saya, adalah, seperti yang saya jelaskan kepada nenek saya, bahwa janggut ini, yang masih saya pakai, terasa seperti Harry baru, hampir seperti perisai kecemasan saya," katanya.

Alasannya, dua ahli waris tidak boleh bepergian bersama, mengantisipasi terjadinya kecelakaan.

Sebaliknya, Pangeran Harry bebas terbang bersama ayahnya karena statusnya bukan pewaris takhta utama.

Meskipun demikian,  Charles dan Diana pernah melanggar aturan ini ketika membawa anak sulungnya dalam tur kerajaan Australia tahun 1983.

Sedangkan Pangeran William dan Kate Middleton melanggar aturan ini pada tahun 2014 ketika membawa putra sulung mereka, Pangeran George dalam tur kerajaan ke Australia dan Selandia Baru.

Sebaliknya, Pangeran William baru boleh membawa Kate Middleton dalam acara serupa setelah menikah meskipun keduanya berpacaran selama hampir 10 tahun.

Sudah menjadi tradisi bagi keluarga kerajaan Inggris untuk berkumpul ke gereja pada Hari Natal di Sandringham, dan pasangan keluarga kerajaan biasanya tidak diundang kecuali mereka sudah menikah.

Pandangan politik

Keluarga Kerajaan Inggris diwajibkan bersikap netral dalam politik dan dianggap melanggar protokol jika bicara tentang hal tersebut di depan publik.

Sebagai calon raja, Pangeran William mematuhi aturan dengan ketat karena memang tidak seharusnya mengungkapkan pendapat politiknya dan tidak memberikan suara dalam pemilihan.

Namun Pangeran Harry melanggar aturan ini pada Maret 2020 saat masih berstatus bangsawan aktif.

Terjebak prank, ia mengira ditelepon oleh aktivis lingkungan Greta Thunberg, yang rekamannya kemudian tersebar di internet.

Dalam obrolan tersebut, ia mengkritik mantan Presiden AS Donald Trump karena kebijakannya yang tidak ramah lingkungan.

"Saya tidak keberatan mengatakan ini kepada kalian - fakta bahwa Donald Trump mendorong industri batu bara begitu besar di Amerika, dia berlumuran darah," kata Harry.

"Karena pengaruhnya terhadap iklim, dan negara-negara kepulauan jauh, jauh sekali. Dan sekali lagi, di luar pandangan, di luar pikiran."

Menjaga rahasia keluarga

Keluarga Kerajaan Inggris dikenal memiliki moto legendaris yakni "never complain, never explain" yang dicetuskan Queen Mother pada 1935.

Mendiang Ratu Elizabeth menerapkannya dengan tidak pernah memberikan wawancara atau menjawab pertanyaan dari pers.

Hal yang juga dipatuhi dengan ketat oleh Pangeran William dengan tidak membahas keluarganya, apalagi untuk tema yang sensitif.

Namun agaknya Pangeran Harry sudah menerabas habis kode etik tersebut dengan berbagai serangkaian wawancara, dokumenter dan bukunya itu.

Ia berdalih, moto tersebut tidak ada artinya karena keluarganya membocorkan atau membuat narasi tertentu lewat media.

Sejak meninggalkan keluarga kerajaan, Pangeran Harry telah memberikan wawancara kepada Oprah Winfrey, James Corden, Tom Bradby, Stephen Colbert, People, dan Michael Strahan, yang nyaris seluruhnya membahas masalah keluarganya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/01/16/112336120/5-aturan-yang-dipatuhi-pangeran-william-tapi-dilanggar-pangeran-harry

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke