Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Perhiasan dengan Birthstone Sesuai Bulan Kelahiran

KOMPAS.com - Selain dikenal karena kecantikan dan keindahannya, batu permata seperti berlian, aquamarine, hingga garnet diyakini dapat mendatangkan manfaat bagi pemakainya.

Menariknya, beberapa manfaat dari batu permata ini bisa didapatkan jika kita menggunakan batu permata yang sesuai dengan bulan kelahiran kita atau birthstone dalam bentuk perhiasan.

Berikut 12 perhiasan dengan birthstone yang sesuai dengan bulan kelahiran.

Januari – Garnet

Birthstone bagi mereka yang lahir di bulan Januari adalah garnet batu cantik dengan nama yang terinspirasi dari kata “delima” dalam bahasa Latin mediaeval, granatus.

Batu berwarna merah eksotik yang juga bisa hadir dalam warna ungu gelap, hijau, kuning, dan oranye ini pun diklaim dapat memberi beberapa manfaat kesehatan, mulai dari menyeimbangkan chakra, mengatur peredaran darah, hingga mengeluarkan racun dari tubuh dan meningkatkan energi seksual.

Kita bisa memakainya sebagai cincin, kalung, atau anting.

February – Amethyst

Mereka yang lahir di bulan Februari mendapatkan Amethyst, batu berwarna ungu gelap dan lilac pucat yang identik dengan keluarga kerajaan dan biasa dijadikan perhiasan paa raja dan ratu.

Batu permata yang merupakan simbol penguasaan diri, intuisi yang tinggi, kekuatan batin dan kejernihan mental ini juga sangat cocok dijadikan perhiasan, mulai dari sepasang anting-anting mungil, kalung berlian, hingga cincin yang indah.

Maret – Aquamarine

Seperti namanya yang berarti “air laut” dalam bahasa Latin, aquamarine hadir dalam warna biru hingga beru kehijauan.

Memakainya pun diyakini dapat melindungi para pelaut saat berlayar.

Lalu di era modern, birthstone satu ini diklaim dapat melindungi, meningkatkan kecerdasan, dan membawa kebahagiaan pada pernikahan.

Aquamarine juga sangat cocok dijadikan batu untuk perhiasan, seperti cincin, anting, hingga tiara.

April – Berlian

Sejak dulu, berlian kerap dijadikan sebagai simbol dari status kekayaan dan dianggap berharga karena kecantikan dan kemurniannya.

Birthstone bagi mereka yang lahir di bulan April ini juga melambangkan kekuatan, keabadian, dan cinta sejati.

Karena itu, tak mengherankan bila simbol pernikahan dan cinta biasanya identik dengan cincin tunangan berlian.

Mei – Zamrud

Birthstone bagi mereka yang lahir di bulan Mei, zamrud, diyakini dapat meningkatkan kecerdasan dan kesehatan pemakainya.

Selain itu, batu berwarna hijau ini diklaim sebagai salah satu batu permata yang paling disukai masyarakat Mesir kuno, termasuk Ratu Cleopatra dan anggota kerajaan lainnya.

Menariknya lagi, rona hijau zamrud akan selalu cantik dan memukau, terlepas dari jenis logam yang menjadi pasangannya.

Juni – Mutiara, Alexandrite, Moonstone

Berbeda dengan bulan lainnya, mereka yang lahir di bulan Juni memiliki tiga birthstone, yaitu mutiara, moonstone, dan alexandrite.

Mutiara merupakan salah satu batu untuk bahan perhiasan yang paling disukai karena kecantikannya.

Apalagi, batu yang dianggap sebagai otak naga dalam legenda China ini melambangkan kemurnian, kejujuran, kebijaksanaan, dan kesederhanaan serta hadir dalam berbagai warna dan bentuk.

Sementara itu, alexandrite dikenal sebagai salah satu batu permata terlangka di dunia dan memiliki warna yang dapat berubah jika dilihat dengan cahaya berbeda, mulai dari merah hingga keunguan di bawah cahaya lampu, hingga tampak hijau hingga kebiruan di siang hari.

Terakhir, ada moonstone, batu yang dikagumi karena sifat adularescence (fenomena optik yang membuat hadirnya cahaya kebiruan yang tampak bergerak saat batu diputar) khasnya, yang mengingatkan kita akan cahaya bulan yang terpantul di atas air.

Batu ini juga diyakini dapat membawa keberuntungan bagi pemakainya serta dikaitkan dengan kesuburan dan feminitas.

Juli – Ruby

Berikutnya ada ruby, batu berwarna merah pekat dengan rona keunguan atau merah dengan undertone oranye atau pink, yang menjadi birthstone bagi mereka yang lahir di bulan Juli.

Ruby dikenal memiliki banyak makna, mulai dari kekuatan, perlindungan, vitalitas, hingga dapat medatangkan kebijaksanaan, kemakmuran, dan ketenangan bagi pemakainya.

Batu ini juga sangat cantik jika digunakan sebagai batu untuk perhiasan lho.

Agustus – Peridot

Peridot merupakan birthstone modern bagi mereka yang lahir di bulan Agustus yang identik dengan warna hijau lemonnya.

Batu yang dianggap berharga sejak dulu ini juga biasa digunakan sebagai jimat pelindung, terutama untuk mengusir roh jahat di malam hari.

Selain itu, batu ini juga diyakini dapat menyembuhkan masalah emosional dan psikologis serta langsung bekerja pada cakra jantung.

September – Safir

Birthstone bagi mereka yang lahir di bulan November, safir, merupakan salah satu batu permata paling populer yang identik dengan warna biru menawan, meski bisa hadir dalam berbagai warna.

Safir yang juga identik dengan keluarga kerajaan ini juga dikenal sebagai simbol ketulusan, kemuliaan dan kesetiaan, serta diyakini memiliki dapat menyembuhkan dan melindungi pemakainya dari bahaya fisik.

Batu satu ini juga sering dijadikan perhiasan, terutama cincin.

Oktober – Opal, Tourmaline

Ada dua batu birthstone bagi mereka yang lahir di bulan Oktober, yaitu opal dan tourmaline, dua batu yang populer karena dapat memancarkan warna pelangi yang dramatis.

Kedua batu ini juga kerap diasosiasikan dengan cahaya dan sihir, membuatnya dikenal dapat melindungi, menyembuhkan, dan mendatangkan keberuntungan bagi si pemakai.

Lalu umumnya, tourmaline dengan rona warna pink, hijau, dan ungu kebiruan merupakan tourmaline paling dicari saat membuat perhiasan.

November – Topaz, Citrine

Sama seperti kelahiran Oktober, mereka yang lahir di bulan November pun memiliki dua birthstone, yaitu topaz dan citrine.

Citrine merupakan salah satu jenis crystalline quartz. yang dikenal karena memiliki warna kuning dan oranye yang menenangkan serta diyakini dapat menyembuhkan dan mendatangkan kebahagiaan, kehangatan, serta relaksasi pada pemakainya.

Sementara itu, topaz merupakan batu permata yang dikenal dapat hadir dalam berbagai varian warna, seperti biru terang, oranye, pink, kuning, dan coklat.

Topaz pun diyakini memiliki kemampuan memperkuat, serta dapat mendatangkan kecerdasan dan menyembuhkan pemakainya,

Desember – Turquoise, Tanzanite

Birthstone bagi mereka yang lahir di bulan Desember, tanzanite, pertama kali ditemukan di Tanzania dan memiliki warna beragam, mulai dari biru tua hingga ungu gelap.

Selain itu, batu permata satu ini juga diyakini dapat meningkatkan intuisi pemakainya.

Tanzanite juga tidak hanya hadir dalam bentuk transparan, namun juga opaque, dan umumnya disukai oleh mereka yang menyukai warna turquoise.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/01/30/060000620/12-perhiasan-dengan-birthstone-sesuai-bulan-kelahiran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke