Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

20 Kutipan tentang Kesedihan untuk Menenangkan Jiwa

Padahal, kebahagiaan maupun kesedihan tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari sebagai manusia.

Kebahagiaan sendiri diyakini sebagai kondisi yang dicapai ketika kita mengembangkan satu atau beberapa hal, seperti kekuatan dalam menghadapi kesulitan, membangun kehidupan yang kita banggakan, hingga menemukan sesuatu yang memberi kita tujuan.

Namun, kesedihan juga memiliki kegunaan praktis dalam pencarian kita akan kebahagiaan.

Jika kita meluangkan waktu untuk melihat apa yang membuat kita sedih, seperti apa rasanya sedih, duduk dengan emosi tersebut, dan menggali akar dari perasaan itu untuk mengatasinya, maka kita dapat memastikan bahwa ketika kita bahagia, kita akan tetap bahagia.

Manfaat kesedihan untuk kesehatan mental

Ini semua mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, namun memikirkan kesedihan ternyata dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesehatmental kita seperti:

• Membantu kita untuk mengakui dan memproses emosi kita

Ketika kita membiarkan diri berpikir untuk merasa sedih, kita memberikan izin kepada diri kita sendiri untuk merasakan emosi negatif dan mengatasinya dengan cara yang sehat.

Ini adalah sesuatu yang sering dihindari orang.

Menekan emosi negatif dapat merusak kemampuan kita untuk memproses emosi dan mencegah kita untuk bekerja di area-area diri kita yang tidak aman atau rentan.

• Membangun ketahanan emosional

Ketika kita membiarkan diri kita mengalami dan memproses emosi yang sulit, kita membangun ketahanan emosional kita.

Ini berarti kita lebih mampu mengatasi dan mengelola emosi yang sulit di masa depan.

Dengan mengembangkan ketahanan emosional, kita dapat menjadi lebih mudah beradaptasi dan lebih siap untuk menghadapi tantangan hidup.

• Mengembangkan empati dan belas kasih

Ketika kita memikirkan kesedihan kita sendiri, kita juga dapat mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang pengalaman orang lain yang mengalami tantangan dan emosi yang serupa.

Hal ini dapat membantu kita mengembangkan empati dan belas kasih kepada orang lain, yang bisa sangat berharga bagi kesehatan mental dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.

Kutipan kesedihan yang menenangkan jiwa

Untuk itu, berikut ini adalah beberapa kutipan terbaik tentang kesedihan yang bisa menenangkan jiwa dan menjadi penyemangat menjalani kehidupan.

1. "Air mata adalah kata-kata yang perlu ditulis." - Paulo Coelho

2. "Bahkan kehidupan yang bahagia pun tidak mungkin tanpa sedikit pun kegelapan, dan kata bahagia akan kehilangan maknanya jika tidak diimbangi dengan kesedihan."

"Jauh lebih baik untuk menerima segala sesuatu apa adanya dengan kesabaran dan ketenangan hati." - Carl Jung

3. "Kebosanan, kemarahan, kesedihan, atau ketakutan bukanlah 'milik kita', bukan hal yang bersifat pribadi. Semua itu adalah kondisi pikiran manusia. Itu datang dan pergi. Tidak ada yang datang dan pergi yang merupakan diri kita." - Eckhart Tolle

4. "Segala sesuatu yang terjadi bisa ditanggung atau tidak. Jika bisa ditanggung, maka tanggunglah. Berhentilah mengeluh."

"Jika tidak dapat ditanggung, maka berhentilah mengeluh. Kehancuran kita akan berarti juga kehancuran."

"Ingatlah, kita dapat menanggung apa pun yang dapat ditanggung oleh pikiran kita, dengan memperlakukannya sesuai minat kita untuk melakukannya." - Marcus Aurelius

5. "Dinding yang kita bangun di sekeliling kita untuk mencegah kesedihan juga mencegah kebahagiaan." - Jim Rohn

6. "Yang membuat orang kesal bukanlah hal-hal itu sendiri, tetapi penilaian mereka tentang hal-hal tersebut." - Epictetus

7. "Kesedihan memberikan kedalaman. Kebahagiaan memberi ketinggian. Kesedihan memberi akar. Kebahagiaan memberi cabang."

"Kebahagiaan itu seperti pohon yang menjulang ke langit, dan kesedihan itu seperti akar yang menghujam ke dalam rahim bumi."

"Keduanya dibutuhkan, dan semakin tinggi sebuah pohon, semakin dalam pula akarnya secara bersamaan. Semakin besar pohon, semakin besar pula akarnya."

"Faktanya, hal itu selalu proporsional. Itulah keseimbangannya." - Osho Rajneesh

8. "Penyebab utama ketidakbahagiaan bukanlah situasi, melainkan pikiran kita tentang situasi tersebut." - Eckhart Tolle

9. "Saya benar-benar percaya bahwa kita semua memiliki banyak kegelapan di dalam jiwa kita. Kemarahan, kekesalan, ketakutan, kesedihan."

"Saya rasa itu tidak hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang memiliki masa kecil yang mengerikan."

"Saya pikir itu benar-benar ada dan merupakan bagian dari kondisi manusia. Saya pikir dalam perjalanan hidup ini kita akan menemukan cara untuk menghadapinya." - Kevin Bacon

10. "Yang penting bukanlah apa yang terjadi pada kita, tetapi bagaimana kita bereaksi terhadapnya." - Epictetus

11. "Sampaikanlah kesedihan dengan kata-kata; kesedihan yang tidak berbicara akan merajut hati yang rapuh dan membuatnya patah." - William Shakespeare

12. "Orang-orang mengalami kesulitan untuk melepaskan penderitaan mereka. Karena takut akan hal yang tidak diketahui, mereka lebih memilih penderitaan yang sudah dikenal." - Thich Nhat Hanh

13. "Setiap orang memiliki rahasia kesedihan yang tidak diketahui dunia dan sering kali kita menyebut seseorang terlihat dingin, padahal dia hanya sedih." - Henry Wadsworth Longfellow

14. "Beberapa orang tampak bahagia, tetapi mereka tidak terlalu memikirkannya."

"Yang lainnya membuat rencana: Saya akan memiliki seorang suami, sebuah rumah, dua anak, sebuah rumah di pedesaan."

"Selama mereka sibuk mengejar hal itu, mereka seperti banteng yang mencari matador: mereka bereaksi secara naluriah, mereka melakukan kesalahan, tanpa tahu di mana targetnya."

"Mereka mendapatkan mobil mereka, terkadang mereka bahkan mendapatkan Ferrari, dan mereka pikir itulah makna hidup, dan mereka tidak pernah mempertanyakannya."

"Namun, mata mereka menunjukkan kesedihan yang bahkan mereka sendiri tidak tahu bahwa mereka membawa kesedihan di dalam jiwa mereka. Apakah kita bahagia?" - Paulo Coelho

15. "Kita lebih menderita dalam imajinasi daripada kenyataan." - Seneca

16. "Ketika saya putus asa, saya ingat bahwa sepanjang sejarah jalan kebenaran dan cinta selalu menang."

"Ada banyak tiran dan pembunuh, dan untuk sementara waktu, itu terlihat tak terkalahkan, tetapi pada akhirnya, semuanya selalu jatuh. Pikirkanlah hal itu, selalu." - Mahatma Gandhi

17. "Kesedihan tidak akan berlangsung selamanya ketika kita berjalan ke arah yang selalu kita inginkan." - Paulo Coelho

18. "Saya tidak percaya ada orang yang bisa menjadi sempurna, yang memiliki otak dan hati." - Henry Wadsworth Longfellow

19. "Tertawalah, dan dunia akan tertawa bersamamu. Menangislah, dan kamu menangis sendirian. Karena bumi yang tua dan sedih harus meminjam kebahagiaannya, tapi sudah cukup banyak masalahnya sendiri." - Ella Wheeler Wilcox

20. "Tidak penting apa yang kita tanggung, tetapi bagaimana kita menanggungnya." - Seneca

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/26/220000820/20-kutipan-tentang-kesedihan-untuk-menenangkan-jiwa

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke