Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Akupunktur Bisa Tingkatkan Peluang Kehamilan?

KOMPAS.com - Meningkatkan peluang kehamilan bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satu yang cukup populer adalah dengan akupunktur.

Ya, pasutri (pasangan suami istri) yang mengalami gangguan infertilitas atau ketidaksuburan menjadi salah satu penyebab tidak kunjung hamil. 

Saat ini akupunktur dianggap menjadi salah satu alternatif dalam memperoleh keturunan, sehingga ketika rutin dilakukan, kemungkinan peluang kehamilan bagi istri bisa lebih tinggi.

Lantas, bagaimana teknik akupunktur bisa meningkatkan peluang hamil? Agar lebih jelasnya coba simak ulasan sebagai berikut. 

Peran akupunktur dalam meningkatkan peluang kehamilan adalah manfaatnya yang dapat meningkatkan kualitas sperma dan fungsi ovarium.

Seorang praktisi akupunktur bersertifikat, Megan Scott, LAC, mengatakan bahwa manfaat akupunktur dapat meningkatkan kesuburan bagi pria ataupun wanita.

"Banyak pasien melakukan akupunktur pada semua tahap atau program hamil yang mereka jalani."

"Termasuk menghentikan kontrasepsi dan setelah mencoba berbulan-bulan tanpa hasil, atau meningkatkan peluang untuk hamil lagi ketika upaya IVF-nya gagal," kata Scott.

Pada tahap ini, sebetulnya pasien tidak sedang dalam tahap pengobatan melainkan perawatan agar sistem reproduksinya menjadi lebih subur.

Metode akupunktur ini pun dilakukan dengan memberikan stimulasi melalui jarum halus dan steril pada titik-titik tertentu di bagian tubuh. 

Cara ini bisa menstimulasi sel dan memberikan sistem berupa sinyal yang cukup kompleks dan melibatkan sejumlah saraf, hormon, peredaran darah, sistem fascia hingga imunitas. 

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, akupunktur dianggap dapat membantu menyeimbangkan qi (chi) yang berarti energi yang mengalir di sekujur tubuh melalui jalur meridian.

Khususnya pada fungsi atau manfaat kesuburan, praktisi akupunktur akan menusukkan jarum kecil itu di sekitar perut atau jalur meridian yang menargetkan organ reproduksi kita.

Sebagaimana dilansir Cleveland Clinic, berikut beberapa pengaruh atau manfaat dari metode akupunktur untuk kesuburan organ reproduksi.

  • Mengatur siklus menstruasi pada wanita produktif
  • Meningkatkan jumlah sperma dan motilitas
  • Mengurangi stres dan kecemasan

Secara umum metode ini cukup aman dilakukan, namun satu hal yang perlu diperhatikan adalah soal penggunaan jarumnya.

Disarankan untuk melakukan metode ini di tempat atau rumah akupunktur terpercaya agar jarumnya dipastikan aman dan steril.

Cara akupunktur tingkatkan peluang kehamilan

Selain menargetkan serta meningkatkan fungsi dari sistem reproduksi. Ada fakta lain yang mendukung bahwa akupunktur dapat menjadi cara efektif dalam meningkatkan peluang kehamilan.

Fakta ini terkait dengan manfaat akupunktur dalam membantu menghilangkan tingkat stres.

Secara ilmiah, akupunktur telah terbukti menjadi cara yang dapat membantu menghilangkan stres pada orang yang kesulitan memiliki momongan.

"Tekanan emosional dan mental dari infertilitas dan perawatannya itu menjadi beban yang sulit untuk dipikul."

"Akupunktur dapat menjadi metode luar biasa untuk menghilangkan stres dan memberikan kenyamanan." ujar Scott.

Dalam hal ini, dokter Jenna Rehmer, MD, ahli endokrinologi reproduksi di Cleveland Clinic pun mengakui efektivitas akupunktur dalam menghilangkan stres dan meningkatkan peluang kehamilan.

"Saya selalu berbicara pada pasien saya, jika ada suatu tempat atau apapun yang menghilangkan beban stres dan kecemasan yang signifikan, maka lakukanlah metode itu," kata Rehmer.

Lalu, kapan waktu yang tepat untuk melakukan metode akupunktur untuk meningkatkan peluang kehamilan?

Sebagian besar spesialis kesuburan merekomendasikan untuk membuat janji pertemuan dengan praktisi akupunktur profesional sesudah mencoba program hamil selama enam bulan sampai satu tahun.

Atau bisa juga dilakukan sebelum memulai program. Cara ini dapat meningkatkan respons dan kualitas sistem reproduksi sebelum memulai program hamil baik secara alami, program IVF atau IUI (inseminasi intrauterin).

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/02/27/151956520/akupunktur-bisa-tingkatkan-peluang-kehamilan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke