BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan The Palace
Salin Artikel

5 Tip Berpenampilan Profesional Saat Business Meeting, Makin Pede Ketemu Klien

KOMPAS.com – Usai kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dicabut pemerintah, aktivitas luar rumah, termasuk bekerja di kantor, pun berangsur pulih seperti sebelum pandemi Covid-19.

Hal tersebut menjadi kesempatan yang baik bagi pekerja kantoran untuk bertemu klien potensial dengan mengadakan rapat secara tatap muka.

Sebelum bertemu klien, Anda perlu menyiapkan segala hal secara matang, mulai dari materi hingga penampilan. Selain materi, penampilan profesional dapat membangun citra positif dan membuat klien terkesan. Dengan begitu, peluang menjalin hubungan kemitraan dengan klien pun semakin terbuka.

Oleh karena itu, Anda perlu mengecek dulu jenis rapat yang diikuti, apakah business formal atau business casual? Dengan begitu, Anda dapat menyesuaikan pakaian yang akan dikenakan untuk meeting.

Tak perlu bingung, Anda bisa mengikuti lima panduan berikut dalam menerapkan penampilan profesional saat business meeting.

1. Pakai baju yang sopan

Aturan paling standar dalam menghadiri business meeting adalah mengenakan pakaian yang sopan. Perhatikan panjang rok yang Anda gunakan, paling tidak 5 cm di atas lutut.

Pastikan pula pakaian yang Anda gunakan juga tidak terlalu ketat. Selain akan membatasi gerakan, pakaian yang ketat juga dapat memberikan kesan negatif kepada diri Anda sendiri.

Utamakan kenyamanan Anda saat berpakaian, tapi perhatikan juga nilai kesopanannya. Jika nyaman, Anda juga akan merasa percaya diri di hadapan klien saat harus berbicara atau memaparkan materi.

2. Blazer opsi terbaik

Fashion item ini cocok digunakan, baik untuk rapat business formal maupun casual. Untuk rapat formal, padukan blazer dengan kemeja polos atau motif garis untuk memberikan kesan profesional.

Sementara, untuk casual, Anda bisa menggunakan outfit yang lebih sederhana, seperti turtle neck, kaos polos, atau v-neck blouse. Blazer yang dipilih juga bisa lebih bervariasi, seperti blazer dengan warna-warna cerah atau motif kotak-kotak.

3. Riasan sederhana

Setelah mantap dengan outfit yang digunakan, makeup atau riasan juga tidak boleh dilupakan. Anda dapat menyesuaikan model riasan dengan perusahaan tempat Anda bekerja.

Jika bekerja di perusahaan di bidang fashion, misalnya, Anda bisa bereksperimen dengan riasan yang lebih “bebas”, seperti memainkan warna eyeshadow atau eyeliner model cat-eye. Warna lipstik yang dipakai juga bisa lebih bold.

Sementara, riasan natural look lebih cocok jika Anda bekerja di perusahaan yang lebih formal, seperti firma hukum atau sejenisnya. Sebagai rekomendasi, highlight area yang menjadi kelebihan Anda, contohnya area mata.

Jika ingin menonjolkan bagian wajah tertentu yang membuat Anda percaya diri, pakailah riasan dengan dominasi warna-warna netral. Lalu, beri hint pada bagian wajah yang ingin ditonjolkan dengan riasan berwarna, seperti peach, beige, dark brown, dan cream.

4. Perhatikan warna pakaian

Warna pakaian dapat menentukan keseluruhan penampilan Anda ketika business meeting dengan klien. Untuk itu, pilih kemeja atau blazer dengan warna-warna yang tergolong aman, seperti hitam atau abu-abu.

Berdasarkan hasil penelitian yang dikutip Andmeeting.com, dua warna tersebut dapat menggambarkan tanggung jawab, profesionalisme, dan ketenangan pemakainya.

Pakaian biru juga cocok untuk memberikan kesan dapat dipercaya. Bahkan, psikolog mengatakan bahwa warna ini mencerminkan sifat yang positif, seperti ramah, kredibel, dan bersemangat.

5. Gunakan perhiasan unik sebagai statement style

Bukan cuma dengan riasan dan pakaian, Anda juga dapat menggunakan perhiasan sebagai statement style untuk membuat penampilan jadi stand-out, tapi tidak berlebihan. Pilihlah perhiasan yang unik dan tidak distracting serta mengganggu pergerakan Anda selama rapat berlangsung.

Anda dapat memilih perhiasan dengan desain yang unik, misalnya bentuk geometri berbagai ukuran dan bentuk, seperti segitiga, segi empat, dan segi lima. Perhiasan bentuk geometri ini bisa dalam bentuk perhiasan cincin, bangle, atau anting-anting emas.

Model perhiasan tersebut dapat Anda temukan di koleksi Geometric Collection dari lini Frank Gold dari THE PALACE Jeweler. Anda dapat menggunakan cincin emas wanita Geometric Ring Collection dengan lima variasi bentuk. Cincin ini cocok untuk stacking dan dapat memberikan tiga look sekaligus.

Ada juga gelang emas terbaru dari seri Geometric Bangle Collection. Bangle hollow ini juga terdiri dari lima bentuk geometri yang juga cocok dipakai untuk stacking.

Selain itu, ada pula anting-anting emas terbaru Geometric Earrings dengan enam desain geometri. Hoop earrings dengan desain 18 karat ini memberikan kesan edgy dan modern pada pemakainya.

Frank Gold dari THE PALACE Jeweler juga mengeluarkan seri Sleek Twist Collection yang terdiri dari empat item, yaitu Pendant, Studs Earrings, Dangling Earrings, dan Ladies Rings. Keempatnya pun memiliki desain yang unik dan cocok dipakai untuk berbagai suasana.

Anda juga dapat memakai cincin dengan desain yang simpel nan trendi dari Grande Collection. Cincin emas wanita ini memiliki bentuk yang lebih besar ketimbang cincin pada umumnya. Anda dapat menggunakannya di telunjuk atau jari tengah sebagai statement style yang unik.

Frank Gold dari THE PALACE Jeweler juga menghadirkan Deer Charm Mirror Bracelet dengan enam pilihan desain. Gelang emas wanita ini dapat digunakan dalam acara formal maupun kasual.

Terinspirasi dari desain esensial, Deer Charm Mirror Bracelet memiliki finishing high polish yang membuatnya memiliki mirror finish. Dengan panjang 18 cm, gelang ini hadir dalam 5 bentuk geometri.

Sebagai informasi, Frank Gold dari THE PALACE Jeweler merupakan perhiasan dengan material premium dan menggunakan teknologi Italia terbaru, memiliki desain klasik, tapi juga trendi dan up to date. Koleksi emas terbaru dari lini Frank Gold tersebut hadir untuk mengangkat penampilan pemakainya, baik untuk dipakai sehari-hari maupun kegiatan formal.

Temukan koleksi terbaru dari lini Frank Gold di gerai THE PALACE Jeweler dan website resmi. Anda juga dapat menemukan koleksi perhiasan yang lengkap dengan harga yang terjangkau di THE PALACE Jeweler, sesuai dengan jargonnya, yaitu "Therlengkap, Therjangkau, Therjamin".

Informasi lebih lengkap mengenai Frank Gold dapat diakses melalui akun Instagram dan TikTok THE PALACE Jeweler.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/03/30/122300020/5-tip-berpenampilan-profesional-saat-business-meeting-makin-pede-ketemu

Bagikan artikel ini melalui
Oke