Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tren Belanja Online Selama Ramadhan dan Lebaran 2023

KOMPAS.com - Momen Ramadhan hingga Lebaran 2023 sudah dimanfaatkan dengan baik oleh para pelaku usaha di Indonesia, khususnya UMKM lokal.

Momen ini pun seolah menjadi peluang bisnis online yang mampu mendongkrak penjualan, mengingat daya beli masyarakat cenderung meningkat hingga menciptkan tren belanja online terkini.

Khususnya selama Ramadhan dan Lebaran 2023, ada beberapa tren belanja online yang menjadi kategori terlaris di platform belanja online, seperti Tokopedia.

Kategori itu meliputi perlengkapan rumah tangga, makanan, minuman dan fesyen.

"Ini semua sejalan dengan kondisi masyarakat yang kini bisa kembali menjalin tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat secara langsung,"

Demikian kata Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam konferensi persnya di Tokopedia Tower, Jakarta, Selasa (9/5/2023).

Peningkatan penjualan dari kategori makanan yang tercatat di Tokopedia NOW! meliputi sejumlah bahan pokok seperti beras, mi instan, hingga daun bawang.

Hal tersebut merujuk pada meningkatnya kebutuhan masyarakat akan produk pangan segar untuk bisa dinikmati di momen sahur dan berbuka puasa.

Ada pula beberapa produk pangan lain seperti madu, kurma dan parsel makanan yang juga laris dibeli pelanggan.

Selain itu, ada kampanye Tokopedia NYAM! yang khusus menggandeng pelaku usaha dari berbagai daerah di Indonesia untuk menyediakan produk makanan dan minuman.

Salah satunya Bruule, pelaku UMKM yang turut berpartisipasi dalam kampanye ini dan mencatat adaya peningkatan penjualan.

Berbekal resep turun-temurun warisan keluarga, pasangan suami-istri Reza Harisky dan Sarila Danubrata serta rekannya Chaka Ramadhan mendirikan Bruule pada Maret 2020.

Bruule juga rajin mengikuti berbagai kampanye di platform belanja online yang identik dengan warna hijau tersebut.

"Berkat banyak kampanye yang kami ikuti, berbagai cabang toko online Bruule di Tokopedia–yang tersebar di Jakarta dan Bandung–mengalami rata-rata peningkatan transaksi sebesar 4 kali lipat selama bulan Ramadan dibandingkan dengan bulan biasanya,” jelas Sarila.

Pengiriman cepat jadi andalan

Demi memenuhi segala kebutuhan yang serba cepat, tren belanja online di masyarakat juga mengalami perubahan dengan mengandalkan pengiriman cepat.

Keberhasilan atau kelancaran pengiriman tersebut dan seluruh pengiriman lainnya, pada peak season seperti Ramadhan dan Lebaran dapat terorganisir dengan baik berkat kolaborasi Tokopedia bersama lebih dari 14 mitra logistik terhubung.

Di samping itu ada pula fitur Hyperlocal Tokopedia yang menerapkan teknologi geo-tagging untuk mendekatkan penjual dengan pembeli di mana pun mereka berada.

Inisiatif ini terdiri dari berbagai manifestasi, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan layanan pemenuhan Dilayani Tokopedia.

"Data internal Tokopedia menunjukkan lebih dari 40 persen pesanan dilayani selama Ramadhan 2023 dan dikirim menggunakan layanan pengiriman instan," ungkap Ekhel.

Sementara tren belanjanya didukung oleh cara belanja yang semakin mempermudah pelanggan dalam mencari produk fesyen yang dibutuhkan, misalnya dengan fitur live shopping dan video streaming seperti Tokopedia PLAY.

"Terutama untuk jam-jam ngabuburit adalah waktu yang paling banyak digunakan masyarakat untuk berbelanja," tambah Ekhel.

Tokopedia juga menghadirkan Ramadan in Style, yaitu kampanye khusus bagi pelaku usaha lokal perlengkapan ibadah dan fesyen muslim untuk perempuan maupun laki-laki.

Salah satu contoh UMKM lokal yang bergabung di Tokopedia Ramadan in Style dan mendapatkan berbagai pencapaian adalah Universa Sajadah.

Renato Akbar, pendiri Universa Sajadah mengatakan selama Ramadhan dan Lebaran, permintaan akan berbagai perlengkapan ibadah umat Muslim meningkat pesat dan membuatnya meraup omzet hingga Rp 500 jutaan.

"Ramadhan menjadi momen yang membawa berkah bagi kami sehingga bisa menggandeng lebih banyak tenaga kerja lepas untuk mengatasi lonjakan pesanan,"

"Kami bisa meraup omzet ratusan juta setiap Ramadhan lewat Tokopedia. Selain itu, berkat kampanye Tokopedia Ramadan in Style tahun ini, penjualan kami naik lebih dari 5 kali lipat dibandingkan bulan biasanya,” tambah Akbar.

Penjualan tiket perjalanan

Di platform online tidak cuma makanan dan fesyen yang laris, tetapi tren belanja juga diwarnai dengan penjualan tiket perjalanan selama Ramadhan dan Lebaran.

Khususnya di momen mudik, masyarakat turut memanfaatkan e-commerce untuk memenuhi kebutuhannya membeli tiket perjalanan seperti kereta hingga pesawat.

"Kami mencatat tiket tujuan pesawat yang paling banyak terjual selama Ramadhan 2023, yaitu ke Sidoarjo,” pungkas Ekhel.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/05/09/214312320/tren-belanja-online-selama-ramadhan-dan-lebaran-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke