Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Es Krim dan Gelato, Apa Bedanya?

KOMPAS.com - Jika dilihat sepintas, baik es krim mapun gelato memiliki penampilan dan rasa serupa. Keduanya sama-sama beku, memiliki tekstur creamy, dan manis.

Namun, sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok.

Untuk mengetahuinya, simak sejarah serta perbedaan es krim dan gelato yang dikutip dari Insanely Good Recipes, berikut ini.

Apa itu gelato?

Gelato sebenarnya merupakan salah satu jenis dessert yang biasa ditemukan di restoran Italia dan merupakan bahasa Italia dari es krim.

Menariknya, sebenarnya gelato jauh lebih tua dibandingkan es krim lho.

Gelato telah eksis sejak abad ke-12, dan konon dibawa oleh Marco Polo dari China, tempat di mana sorbet tengah populer.

Sepulangnya dari China, ia memiliki ide untuk membuat makanan beku dan manis dari susu.

Kendati demikian, gelato baru benar-benar muncul pada abad ke-14, dengan Bernardo Boentalenti diklaim sebagai penemu resmi gelato.

Pria asal Florence, Italia ini juga merupakan orang pertama yang menciptakan gelato dengan berbagai rasa, seperti lemon, wine, dan madu.

Sejak saat itu, gelato resmi eksis dan mulai menyebar ke berbagai penjuru Eropa. Rasa gelato tradisional seperti vanila, cokelat, hazelnut, dan pistachio pun masih populer hingga kini.

Apa itu es krim?

Meski sejarahnya terkadang "tertukar" dengan gelato, di Amerika, es krim nampaknya sudah eksis di tahun 1744 dan diklaim diperkenalkan oleh penjajah Quaker.

Lalu kabarnya, tokoh sejarah seperti George Washington dan Benjamin Franklin pun merupakan penggemar dessert satu ini.

Es krim pun semakin manjamur setelah munculnya lemari es modern di tahun 1950-an, yang membuat orang-orang bisa menyimpan dan menikmati es krim kapan saja.

Sejak saat itu, bisnis es krim pun semakin pesat karena sudah busa dibuat dalan jumlah banyak dengan biaya yang murah, sehingga produk es krim murah bermunculan, meski brand berkualitas tinggi seperti Ben & Jerry’s dan Häagen-Dazs tetap bertahan hingga saat ini.

Kini, kita pun bisa menemukan es krim di mana saja dengan berbagai rasa berbeda, mulai dari klasik seperti cokelat dan vanila, hingga yang modern seperti permen kapas.

Perbedaan es krim dan gelato

Setelah mengetahui sejarahnya, berikut perbedaan antara es krim dan gelato.

  • Preparasi dan penyajian

Meski terlihat mirip, sebenarnya es krim dan gelato dibuat dari produk susu dengan junlah berbeda.

Es krim terbuat dari susu, heavy cream, dan kuning telur dengan jumlah yang sama, sementara gelato menggunakan jauh lebih sedikit krim dan telur, serta lebih banyak susu.

Lalu, meski keduanya membutuhkan churning (semacam proses pengadukan) untuk membuatnya beku namun creamy, kecepatan churning keduanya berbeda.

Es krin membutuhkan waktu churning yang lebih cepat agar teksturnya lebih kembut, sementara gelato membutuhkan proses churning lambat dan rendah, membuat udara terperangkap dan menghasilkan produk yang lebih padat.

Bahkan, cara penyajiannya berbeda. Gelato disajikan dengan suhu 10-15 derajat lebih hangat dibanding es krim, membuatnya lebih meleleh.

Sementara itu, es krim disajikan lebih dingin sehingga bisa disajikan di atas cone.

  • Rasa dan tekstur

Selain itu, rasa dan tekstur keduanya juga berbeda. Karena gelato mengandung lebih sedikit udara, teksturnya lebih tebal dan pekat.

Lalu, cara penyajiannya yang lebih hangat pun membuat teksturnya lebih lembut, mirip seperti puding beku yang akan meleleh di mulut.

Lalu sisi menarik lainnya adalah lemak susunya.

Karena gelato mengandung lebih sedikit lemak dibanding es krim, rasa utama gelato akan lebih terasa. Jadi, meski rasanya terasa kurang pekat, rasa gelato cenderung lebih halus.

Di sisi lain, es krim memiliki tekstur lebih lembut, ringan, dan creamy. Selain itu, es krim juga disajikan lebih dingin dan lebih lezat dinikmati bersama cone serta tidak mudah meleleh.

Rasa es krim pun lebih pekat, sehingga akan berpadu dengan rasa favorit kita. Jadi, jangan sampai salah lagi membedakan es krim dan gelato ya.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/05/15/090000220/es-krim-dan-gelato-apa-bedanya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke