Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Lidah Buaya Jadi Kunci Awet Muda Yuni Shara, Ini Gunanya untuk Kulit

Dalam usia 51 tahun, tubuh dan wajahnya masih terlihat kencang minim tanda-tanda penuaan.

Pelantun "Desember Kelabu" ini mengakui memang melakukan perawatan wajah untuk menjaga penampilannya namun menjaganya tetap sederhana.

Salah satu perawatan kulit andalannya yang simpel seperti rutin menggunakan lidah buaya.

"Biasa saja perawatan, enggak gimana-gimana. Lendir buaya itu bagus. Lidah buaya bagus. Lendirnya bagus," kata Yuni Shara saat ditemui di kawasan Darmawangsa, Jakarta Selatan, seperti diberitakan Kompas.com, Selasa (27/6/2023).

Yuni Shara menjadikan lidah buaya sebagai perawatan kulit untuk memiliki wajah yang awet muda.

Ya, memang ada beberapa bukti klinis yang menyebutkan bahwa lidah buaya bermanfaat untuk mengurangi kerutan di wajah dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Melansir laman Healthline, pada studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Dermatology, para ilmuwan meninjau kerutan dan elastisitas kulit dari 30 wanita sehat yang usianya di atas 45 tahun.

Kemudian peneliti secara acak memberikan suplemen gel lidah buaya kepada setiap peserta untuk dikonsumsi rutin selama 90 hari.

Separuh dari peserta menerima dosis rendah yaitu 1.200 mg per hari dan sisanya lagi menerima dosis tinggi sekitar 3.600 mg per hari.

Berdasarkan hasil studi, wanita yang mengonsumsi gel lidah buaya menyebutkan kondisi kulitnya menjadi lebih baik dan tampak awet muda.

Sejumlah kerutan, elastisitas dan produksi kolagen mereka menjadi lebih baik dibandingkan wanita yang jarang mengonsumsi suplemen lidah buaya.

Menurut hasil studi, khasiat lidah buaya untuk wajah awet muda didukung oleh kandungan sterol di dalamnya.

Sterol ini bisa meningkatkan produksi kolagen dan asam hialuronat, yang fungsinya mempertahankan kelembapan dan kerutan di wajah pun mulai samar.

Kemudian efek terus berlanjut karena dengan berkurangnya kerutan di wajah, tekstur kulit juga akan menjadi lebih baik.

Meski sebagian besar manfaat lidah buaya untuk awet muda terbukti melalui konsumsi secara oral, tetapi manfaatnya juga dapat terlihat ketika lidah buaya digunakan secara topikal.

Sebagian besar disebabkan oleh sifat dan kandungan gel lidah buaya yang mampu melembapkan kulit wajah, menghidrasi kulit secara optimal dan menyamarkan kerutan.

Selain lidah buaya, Yuni Shara juga mengatakan kalau dia sangat memerhatikan kualitas tidurnya demi memiliki wajah yang awet muda.

"Saya suka minum kopi juga. Kalau capek, tidurnya panjang, biasanya bangun, baru pijet," lanjutnya.

Dalam hal rutinitas kecantikan, tidur adalah yang paling mudah dilakukan untuk memiliki wajah yang awet muda.

Menurut laman Web MD, kualitas tidur yang cukup 7-9 jam setiap malam dapat meningkatkan kualitas hidup dan menjaga kondisi kesehatan secara keseluruhan.

"Jika tidur kurang dari 6 jam, kemungkinan akan memengaruhi penampilan kita," ujar Michael Breus, PhD, spesialis tidur bersertifikat yang berbasis di Amerika Serikat, secara terpisah.

Jika terbiasa tidur cukup maka bermanfaat untuk mengurangi kerutan di wajah, kulit semakin bercahaya, mengurangi mata panda, rambut lebih sehat dan bervolume hingga meningkatkan efektivitas dari produk perawatan wajah.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/06/28/181534220/lidah-buaya-jadi-kunci-awet-muda-yuni-shara-ini-gunanya-untuk-kulit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke