Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Membuat Rambut Tetap Wangi Sepanjang Hari

Tak heran, bila kita jarang menjaga kebersihan rambut atau sering terpapar asap dan polusi, maka rambut akan mengeluarkan aroma yang kurang sedap.

Meskipun ada beberapa hal yang dapat dilakukan agar rambut selalu wangi setiap saat, namun terdapat panduan yang secara khusus dapat menciptakan rambut yang wangi dan tentunya sehat.

Para penata rambut dan dokter spesialis kulit pun membagikan tipsnya untuk meningkatkan aroma rambut.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah 6 cara membuat rambut tetap wangi sepanjang hari, setiap hari, sebagaimana dilansir dari laman Byrdie.

Cara membuat rambut tetap wangi sepanjang hari

1. Menambahkan minyak esensial

Penata rambut asal Los Angeles, AS, Evalyn Denis, merekomendasikan untuk menambahkan minyak esensial dalam rutinitas sehari-hari.

"Minyak esensial sangat bagus untuk ditambahkan pada rambut karena berbagai alasan," katanya.

"Minyak rambut biasanya memiliki aroma yang luar biasa, dan saya memilihnya berdasarkan suasana hati atau kebutuhan saya," ungkapnya.

Mengenai aroma apa yang harus dipilih, itu terserah keinginan kita. Tetapi, Denis sangat menyukai aroma peppermint, rosemary, lavender, dan jeruk.

Ia pun merekomendasikan minyak esensial untuk digunakan pada kulit kepala dan rambut, namun pastikan juga produknya memang aman dan telah diformulasikan secara khusus untuk rambut.

2. Hindari rokok

Meskipun kita harus menghindari rokok demi kesehatan secara keseluruhan, namun asap rokok juga dapat meninggalkan bau yang tidak sedap pada rambut.

Jika kita seorang perokok, kita mungkin tidak menyadari betapa seriusnya bau tersebut dan seberapa dalam baunya dapat masuk ke dalam rambut kita.

"Rambut memiliki daya serap yang tinggi, jadi menghilangkan bau apa pun, terutama asap, dari rambut sangatlah sulit," jelas Denis.

"Cara terbaik dan termudah adalah dengan keramas dan membersihkan rambut."

"Apabila kita tidak memiliki waktu atau akses untuk mandi, kita dapat mencoba menggunakan dry shampoo dengan menggosokkannya ke kulit kepala," sarannya.

3. Gunakan produk penataan rambut beraroma

Sementara sampo dan kondisioner sama-sama membilas rambut, produk penataan rambut seperti mousse, gel, dan kondisioner tanpa bilas akan tertinggal di rambut.

Itu berarti aroma apa pun dalam produk-produk tersebut akan bertahan di rambut sampai kita keramas.

Jika kita ingin membuat rambut wangi, carilah produk dengan aroma yang kita sukai.

4. Gunakan pengharum khusus untuk rambut

Jika rambut tidak berbau harum, kita mungkin tergoda menyemprotkan parfum ke helai rambut untuk mengatasinya.

Sayangnya, itu bukanlah ide yang baik, jadi sebaiknya kita menghindarinya.

Kebanyakan parfum umumnya dibuat untuk kulit (bukan rambut), dan beberapa bahan dapat menyebabkan kerusakan, misalnya, alkohol dalam sebagian besar formula dapat membuat rambut kering.

"Parfum seharusnya tidak menjadi jawaban untuk rambut yang berbau tidak sedap, karena parfum dapat membuat rambut kita kering," kata Denis.

"Ada cukup banyak produk yang dirancang khusus untuk rambut yang wanginya luar biasa, [jadi] itu tidak perlu," sambungnya.

Sebagai gantinya, pilihlah produk khusus rambut dengan aroma yang kita sukai, ini bisa berarti sampo dan kondisioner, berbagai semprotan, mousse, dan krim, atau pengharum untuk rambut.

5. Mencuci rambut secara teratur

Ada banyak pendapat yang berbeda tentang seberapa sering kita harus mencuci rambut.

Beberapa orang mengatakan untuk tidak terlalu sering melakukannya agar minyak alami kulit kepala tetap utuh dan dapat melapisi rambut, sementara yang lain menyarankan keramas sesering mungkin untuk menghindari penumpukan kotoran.

Nah, jika prioritas kita adalah membuat rambut tetap wangi setiap hari, maka lebih sering keramas akan lebih baik.

Dokter spesialis kulit, Dr Tracy Evans, MD, MPH, menjelaskan, bau bisa terjadi pada kulit, kulit kepala, atau rambut ketika bakteri berkumpul di kulit.

"Oleh karena itu, mencuci rambut dan kulit kepala untuk menghilangkan minyak, kotoran, maupun bakteri dapat membantu mencegah bau menumpuk," terangnya.

Mengenai seberapa sering kita harus mencuci rambut untuk mencegah bau, mungkin lebih jarang dari yang kita kira.

"Saya tidak menyarankan untuk mencuci rambut setiap hari," kata Denis.

"Dua hingga tiga kali seminggu adalah waktu yang ideal untuk menjaga rambut tetap sehat dan wangi," ungkapnya.

6. Berkonsultasi dengan dokter

Terakhir, penting untuk memastikan kita tidak mengalami masalah kesehatan yang menyebabkan rambut atau kulit kepala berbau tidak sedap.

Sebab, menurut Dr Evans, kondisi seperti dermatitis seboroik (ketombe yang parah) dapat menimbulkan bau tidak sedap pada rambut.

Jika kita khawatir rambut tidak wangi karena masalah kesehatan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan atau dokter spesialis kulit.

Mereka dapat membantu kita mengetahui apa yang sedang terjadi dan memperbaiki masalah itu sendiri, bukan hanya menutupi bau untuk sementara.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/08/22/183544520/6-cara-membuat-rambut-tetap-wangi-sepanjang-hari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke