Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ragam Busana Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah Saat Prosesi Adat hingga Akad Nikah

KOMPAS.com - Pernikahan Pangeran Brunei Darussalam, Abdul Mateen dengan YM Dayang Anisha Rosnah Isa Kalebic pada hari ini, Kamis (11/1/2024), menyedot perhatian masyarakat.

Akad nikah digelar Masjid Omar 'Ali Saifuddien, yang merupakan masjid megah di ibu kota Bandar Seri Begawan. Sebelum akad, telah digelar sejumlah prosesi 

  • Perkiraan Biaya Pernikahan, dari di Gedung hingga Intimate
  • Melirik Konsep Pernikahan ala Gen Z pada 2024, Suka Tematik

Penampilan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah dalam berbagai proses tersebut, tampak menawan. Berikut ini beberapa busana Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah saat prosesi adat hingga akad. 

Baju kurung panjang tersebut, dilapisi motif perak berkilauan. Ada sentuhan bordir bermotif pada ujung baju kurung tersebut. 

Anisha Rosnah melengkapi penampilannya dengan kerudung polos berwarna putih dan cincin berlian di jari manisnya. Baju kurung tersebut merupakan rancangan desainer ternama Malaysia Teh Firdaus. 

Sang desainer melalui Instagramnya, @tehfirdaus, membagikan foto calon mempelai mengenakan baju tersebut. 

"Saya merasa terhormat bisa berperan dalam pernikahan Kerajaan Brunei. Saksikan keanggunan Yang Mulia Dayang Anisha Rosnah Adam Isa Kalebic dalam baju kurung buatan kami yang terbuat dari tenunan khas Brunei yang rumit, saat ia menampilkan keanggunan dalam acara Khatam Quran,” bunyi unggahan Instagram Teh Firdaus. 

2. Berbedak Mandi

Rangkaian acara dilanjutkan dengan Berbedak Mandi, yakni upacara pemberkatan calon pengantin yang dilakukan oleh anggota keluarga dekat di rumah masing-masing. Dalam acara itu, calon mempelai pria juga mengirimkan seserahan ke calon mempelai perempuan di rumahnya. 

Masih dari sumber Hello Magazine, Anisha Rosnah tampil anggun mengenakan gaun berwarna ivory. Gaun elegan tersebut juga merupakan karya Teh Firdaus. 

Potret anggun Anisha Rosnah itu diunggah oleh fotografer, Muash Rosman di akun Twitter @CoutureAndRoyals, seperti dilansir dari Hello Magazine. Muash Rosman juga menggunggah foto tersebut melalui akun Instagramnya, @muash.portofolio. 

Gaun tersebut membentuk siluet klasik dengan detail potongan leher bulat, lengan panjang, dan rok luru. Sementara bordir dan renda menambah detail mewah pada gaun tersebut. 

Anisha melengkapi penampilan anggunnya dengan kerudung berenda yang diikatkan ke sanggul minimalisnya. Menyempurnakan busana tersebut, Anisha Rosnah mengenakan bros dan anting-anting mutiara yang tampak berkilau. 

Prosesi dilanjutkan dengan Majlis Istiadat Berbedak atau pembubuhan bedak. Upacara adat Melayu ini, telah dilestarikan selama ratusan tahun. 

Calon pengantin diberkati oleh anggota keluarga mereka dengan cara mengoleskan pasta bedak ke tangan, sebagai lambang kesuburan dan kekayaan. 

Pada prosesi Majlis Istiadat Berbedak, Anisha Rosnah mengganti gaun putihnya dengan gaun merah yang tampak kontras dengan ikat pinggang songket dan hiasan berwarna emas yang melengkapi penampilannya. 

Hiasan kepala mewah berwarna emas menjadikan perempuan berusia 29 tahun itu tampil menawan dan elegan. Hiasan kepala mewah itu, awalnya disembunyikan oleh kerudung berbahan rubi saat memasuki ruangan.

Senada, Pangeran Mateen juga mengenakan busana songket Brunei berwarna merah keemasan. Hiasan kepala berwarna senada melengkapi penampilan Pangeran Mateen. 

Pada akad nikah yang diselenggarakan hari ini, Kamis (11/1/2024), Pangeran Mateen tampak gagah mengenakan busana pernikahan tradisional Kerajaan Brunei berwarna putih. 

Busana Pangeran Mateen terdiri dari atasan menyerupai beskap, celana, dan kain songket dengan warna senada. Tak lupa, hiasan kepala untuk melengkapi penampilannya.

Duduk di atas tikar khusus yang disebut Kasur Namat, Pangeran Mateen mengucap akad nikah. 

Untuk diketahui, rangkaian pernikan Pangeran Mateen dan Anisha Rosnah akan digelar selama sepuluh hari berturut-turut. Tepatnya, mulai dari Minggu (7/1/2024) hingga Selasa (16/1/2024). 

  • 5 Hal Tak Terduga yang Merusak Kebahagiaan Pernikahan
  • Cinta Saja Tak Cukup, Ini 5 Kunci Pernikahan Bahagia

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/11/234128620/ragam-busana-pangeran-mateen-dan-anisha-rosnah-saat-prosesi-adat-hingga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke