Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui 4 Manfaat Push Up Bra, Jangan Asal Pilih 

KOMPAS.com - Pemilihan bra yang tepat merupakan kunci untuk memberikan dukungan maksimal pada payudara dan menjaga kesehatannya. Ada beragam jenis bra yang memiliki fungsi masing-masing bagi payudara, salah satunya adalah push up bra. 

Dokter spesialis kulit, Dr. dr. Fitria Agustina, Sp.DVE, FINSDV, FAADV, mengatakan, bra memiliki beberapa fungsi penting. 

“Bra memberikan dukungan untuk payudara, yang dapat membantu mengurangi rasa tidak nyaman dan gerakan berlebihan, terutama selama aktivitas fisik,” jelasnya saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu (20/1/2024).

  • 5 Cara Menjemur Bra yang Benar agar Tidak Cepat Rusak 
  • Apa Boleh Bra Dipakai 2 Kali? Pertimbangkan 4 Hal Ini 

Selain itu, bra berguna untuk penyangga payudara, membentuk dan kontur payudara, menyerap keringat, melindungi payudara dari gesekan, memelihara kesehatan payudara, memberikan kenyamanan psikologis, dan estetika. 

“Bra juga merupakan item fesyen yang menawarkan beragam pilihan dalam hal desain, warna, dan gaya, memungkinkan wanita untuk mengekspresikan diri mereka melalui pilihan pakaian dalam mereka,” tuturnya. 

Push up bra adalah jenis bra yang desainnya dilengkapi dengan bantalan di bagian bawah, sehingga mampu mengangkat payudara, dilansir dari InStyle. 

Berikut sejumlah kegunaan push up bra, seperti dirangkum Kompas.com. 

1. Meningkatkan bentuk dan volume payudara

Fitria mengatakan push up bra berfungsi untuk meningkatkan bentuk dan volume payudara. Sebab, push up bra dirancang untuk mengangkat payudara dan memberikan ilusi volume yang lebih besar.

“Fungsi ini bisa memberikan bentuk yang lebih penuh pada dada,” katanya. 

2. Kontur yang lebih definitif  

Selain itu, push up bra membantu menciptakan kontur dada yang lebih definitif. Selain itu, push up bra bisa memberikan penampilan yang lebih rounded pada payudara. 

“Bra dapat membentuk kontur payudara, memberikan penampilan yang lebih simetris dan sesuai dengan keinginan pemakai dalam hal estetika,” kata Fitria. 

3. Dukungan tambahan

Fitria juga mengatakan bahwa push up bra memberikan dukungan tambahan dari bawah pada payudara. 

Dukungan ini, bisa mengurangi gerakan payudara dan menambah kenyamanan bagi beberapa wanita. 

“Dengan menyediakan penyangga, bra membantu dalam mengurangi potensi peregangan pada ligamen cooper, yang dapat menyebabkan kendur atau sakit pada payudara,” jelasnya. 

4. Estetika

Kegunaan push up bra terakhir adalah berkaitan dengan estetika. Fitria mengatakan, push up bra bisa memberikan tampilan yang diinginkan pada beberapa pakaian, khususnya yang memiliki potongan rendah. 

Pertimbangan memilih push up bra 

Berikut beberapa pertimbangan sebelum memilih menggunakan push up bra.

1. Kenyamanan

Menurut Fitria, kenyamanan adalah faktor terpenting dalam memilih bra.  Jika push up bra membuat pemakainya merasa tidak nyaman, lebih baik memilih bra tanpa fitur push up.

2. Kebutuhan pribadi dan preferensi

Pilihan untuk menggunakan push up bra atau bra tanpa fitur push up sangat bergantung pada preferensi, jenis pakaian yang akan dikenakan, dan tampilan yang inginkan. 

3. Ukuran dan bentuk payudara

Fitria mengatakan, beberapa wanita dengan payudara lebih kecil mungkin merasa push up bra bisa menambah kepercayaan diri. 

“Sementara, wanita dengan payudara lebih besar mungkin tidak membutuhkannya atau bahkan merasa kurang nyaman,” kata Fitria.

4. Kesehatan payudara 

Fitria mengatakan para perempuan hendaknya mematikan bra tidak terlalu ketat, karena bisa mengganggu sirkulasi dan bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. 

“Bra yang tepat adalah yang mendukung payudara tanpa menekan,” kata Fitria.

5. Kegiatan sehari-hari 

Untuk aktivitas sehari-hari yang membutuhkan banyak gerakan atau aktivitas fisik, bra dengan dukungan yang baik dan nyaman mungkin lebih penting daripada efek push up bra.

6. Kualitas bra

Kualitas bra harus menjadi pertimbangan, yaitu yang cukup baik untuk mendukung payudara dengan benar dan nyaman dipakai. Hal ini berlaku baik untuk push up bra atau non push up bra. 

  • Apakah Tidur Mengenakan Bra Berdampak Buruk?
  • 7 Bahaya Tidak Mengganti Bra Secara Rutin, Perempuan Wajib Tahu 

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/01/23/104000020/ketahui-4-manfaat-push-up-bra-jangan-asal-pilih-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke