Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Warna Pakaian yang Bisa Menyembunyikan Noda Keringat

KOMPAS.com -  Saat cuaca panas, kamu pasti merasa gerah dan tidak ingin terlalu berkeringat. Tapi sulit menghindari hal tersebut di negara tropis ini kan?

Keringat memang bisa mengganggu penampilan apalagi bila baju kita basah karenanya. Untunglah kita bisa menyembunyikan bercak keringat lewat warna baju tertentu.

Warna-warna ini akan membantu kita mengaburkan kelembapan, meskipun ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan juga.

Pertimbangan yang paling penting adalah jenis kain. Penata gaya mengatakan kita harus memilih bahan yang menyerap keringat atau menyerap kelembapan seperti katun dan linen.

Kirsten Angeli, penata gaya dan konsultan branding yang tinggal di New York City, mengatakan, "Tidak ada warna pelangi yang bisa menyembunyikan noda keringat pada sutra." 

Bila kamu sudah menemukan kain yang cocok, kini tinggal menemukan warna yang tepat untuk menyembunyikan keringat agar kita dan orang lain yang melhat tidak merasa risih.

“Warna gelapnya menyerap cahaya, membuat noda menjadi kurang terlihat,” kata Ingrid Leo, salah satu pendiri Style with Ingrid. "Ditambah lagi, hitam cocok dipadukan dengan warna netral dan corak lainnya."

James Thomson-Sakhrani, pendiri Style Standard, platform gaya dan dandanan pria, setuju bahwa warna hitam efektif menyembunyikan berbagai ketidaksempurnaan, termasuk keringat.

“Dari kerutan dan noda, hingga keringat dan tumpahan, warna hitam akan menyembunyikan lebih banyak dibandingkan warna lain,” jelasnya. 

"Kelemahan dari warna hitam adalah lebih menyerap panas daripada warna yang lebih terang, sehingga kamu mungkin akan lebih banyak berkeringat."

“Sama seperti hitam, abu-abu arang adalah warna kuat yang membantu memadukan noda keringat dengan latar belakang. Pilih warna yang cukup gelap agar noda keringat tidak terlihat,” sarannya.

Thomson-Sakhrani setuju bahwa biru laut adalah pilihan yang bagus "ketika warna hitam atau abu-abu terlalu dramatis untuk dikenakan". 

Dia mengatakan warna biru laut lebih lembut di mata tetapi "cukup gelap sehingga noda keringat tidak terlalu terlihat oleh kebanyakan orang."

“Ini mungkin terdengar berlawanan dengan intuisi, tapi pakaian berwarna putih menunjukkan lebih sedikit keringat dibandingkan warna lainnya,” kata Thomson-Sakhrani. 

"Jika warnanya putih bersih tanpa sedikit pun warna lain di dalamnya, keringat akan menjadi kurang terlihat dibandingkan kebanyakan warna terang lainnya. Warna ini juga memiliki manfaat membantu membuat kita sedikit lebih sejuk dibandingkan warna gelap."

“Pola dengan berbagai warna dan desain yang ramai mengalihkan perhatian mata dan menyembunyikan noda keringat dengan baik,” kata Sophia Tang, veteran industri fashion dan kecantikan dan pendiri Nako Cosmetics. 

“Ini adalah solusi penuh gaya, memungkinkan kamu bermain-main dengan tren fesyen sambil mengatasi masalah praktis.”

Thomson-Sakhrani setuju bahwa pola penuh warna menawarkan solusi efektif untuk masalah keringat berlebih. 

"Sesuatu dengan pola berulang dapat membantu membuat noda keringat jadi kurang terlihat dan akan menarik perhatian orang lain. Hindari saja pola yang warna atau desainnya terlalu terang."

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/02/10/143531320/5-warna-pakaian-yang-bisa-menyembunyikan-noda-keringat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke