Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Lama Waktu PDKT Ideal Sebelum Pacaran? 

KOMPAS.com -  Pendekatan sebelum pacaran alias PDKT merupakan masa awal dalam hubungan yang menjadi momentum untuk mengenal gebetan lebih dekat. 

Psikolog, Dr. Pingkan C. B. Rumondor, M.Psi., menuturkan, dalam masa PDKT sudah ada rasa ketertarikan satu sama lain, tapi belum ada komitmen di antara keduanya.

“Tujuan masa PDKT ini adalah untuk mengenal lebih jauh si calon pasangan dan melihat kemungkinan untuk berkomitmen sebagai pasangan,” jelasnya saat dikonfirmasi Kompas.com, dikutip Minggu (11/2/2024). 

  • 5 Ide Topik PDKT yang Seru agar Tidak Bosan 
  • 6 Ide Topik PDKT Baru Kenal dengan Gebetan

Namun, tidak sedikit orang yang bingung, berapa lama waktu PDKT ideal sebelum resmi pacaran? Jika kamu tengah PDKT dengan gebetan, maka simak jawabannya berikut ini. 

Pingkan mengatakan, tidak ada ketentuan pasti mengenai lama waktu PDKT sebelum akhirnya resmi menjadi pacar atau memustukan tidak melanjutkan hubungan tersebut.

Namun, ia menyarankan untuk bertemu tatap muka selama masa PDKT, sebelum akhirnya memutuskan untuk pacaran. 

“Belum ada penelitian mengenai hal ini, akan tetapi jika PDKT hanya via chat, sebaiknya segera bertemu,” jelasnya. 

Dihubungi terpisah, Founder Pembelajar Hidup dan Life Coach, Deny Hen, mengatakan, lama masa PDKT bergantung dari keyakinan masing-masing mengenai calon pasangan. Jadi, tidak ada patokan lama waktu PDKT secara pasti. 

“Jadi lamanya bergantung pada apakah kita sudah cukup yakin untuk berpacaran dengan orang ini, dan seberapa jauh orang ini juga tertarik kepada kita,” kata Deny Hen. 

Menurutnya, jika belum ada sinyal ketertarikan yang jelas dari gebetan, maka ada kemungkinan masa PDKT masih terlalu cepat. Jadi, kamu perlu lebih lama lagi mengenal gebetan di masa PDKT. 

Melansir dari Your Tango, pada umumnya pasangan menghabiskan tiga bulan masa PDKT sebelum akhirnya memutuskan resmi pacaran. Namun, setiap orang tentunya membutuhkan waktu yang berbeda-beda sehingga tidak bisa disamaratakan. 

Dikutip dari Bustle, PDKT tidak ditentukan dari durasinya namun dari kuantitas dan kualitas pertemuan antara laki-laki dan perempuan. 

Sebuah studi oleh Penulis Breakthrough for a Broken Heart, Paul Davis, mengungkapkan bahwa butuh rata-rata enam hingga delapan pertemua  bagi calon pasangan selama masa PDKT, sebelum akhirnya memutuskan untuk melanjutkan hubungan lebih serius. 

Masih dari sumber Bustle, setiap orang harus memanfaatkan waktu PDKT sebaik mungkin untuk mengetahui kepribadian dan latar belakang calon pasangan. 

  • 5 Cara Sederhana PDKT ke Pecinta Buku
  • Mengenal Gatsbying, Teknik PDKT Gebetan Lewat Media Sosial

Ada tujuh hal yang perlu diketahui tentang seseorang, sebelum kamu memutuskan untuk berkencan dengannya, sebagai berikut: 

1. Hubungan mereka saat ini dengan mantan pacar. Pastikan kamu tidak menjalin hubungan dengan orang yang masih dibayangi seseorang di masa lalunya. 

2. Rencana jangka pendek. Sebelum terlibat secara emosional, sebaiknya kamu perlu memastikan bahwa rencanamu dalam jangka pendek selaras dan sejalan dengan calon pasangan. 

3. Jadwal dan kegiatan sehari-hari. Mengetahui rutinas calon pasangan akan sangat membantu kalian dalam menjalani hubungan yang lebih serius. 

4. Sudut pandang mereka pada hal-hal yang mendasar dan penting buatmu. Setiap orang memiliki pandangan yang berbeda-beda. Namun, kamu tidak bisa menjalin hubungan serius dengan seseorang yang tidak sepakat dengan hal mendasar dan penting buatmu.

5. Catatan kriminal. Salah satu informasi latar belakang yang penting adalah mengetahui apakah calon pasanganmu memiliki catatan kriminal. 

6. Hubungan dengan keluarga. Hal ini juga penting untuk diketahui, karena cara seseorang berinteraksi dengan keluarganya adalah cara terbaik untuk memperkirakan  bagaimana mereka akan berinteraksi dengan keluargamu.  

7. Cara dia memperlakukan seseorang. Kamu bisa mengajak gebetan makan bersama di kafe atau restoran. 

Kemudian, perhatikan caranya memperlakukan pelayan, karena bisa mencerminkan kepribadiannya. 

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/02/11/081000520/berapa-lama-waktu-pdkt-ideal-sebelum-pacaran-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke