Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dampak Memarahi Anak Sebelum Tidur, Bisa Picu Mimpi Buruk 

KOMPAS.com - Tidur sangat penting bagi anak-anak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta otak. Oleh sebab itu, anak-anak membutuhkan tidur yang berkualitas. 

Agar si kecil mendapatkan tidur berkualitas, maka hindari memarahi anak sebelum tidur. Apa saja dampak memarahi anak sebelum tidur? Simak ulasannya berikut ini. 

Psikolog Samanta Elsener menjelaskan, memarahi anak sebelum tidur dapat menurunkan kualitas tidur mereka. Padahal, seperti disampaikan sebelumnya, tidur sangat penting untuk anak guna mendukung pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta otak. 

Melansir dari Kompas.com (19/8/2022), manfaat tidur bagi si kecil antara lain, mendukung kinerja kognitif, meningkatkan daya tahan tubuh, dan mengembangkan otak. 

“Kualitas tidur yang baik dan cukup sangat dibutuhkan oleh anak dan sebelum proses tidur diharapkan anak mendapat pengalaman yang relax. Akan tetapi, jika dimarahi sebelum tidur, maka membuat kualitas tidur anak menurun,” jelasnya saat dikonfirmasi Kompas.com, dikutip Senin (18/3/2024). 

Oleh sebab itu, sebaiknya orangtua memastikan anak mendapatkan tidur yang berkualitas. Hindari memarahi anak sebelum tidur agar mereka mendapatkan tidur yang berkualitas. 

Selain itu, upaya untuk menghadirkan tidur berkualitas lainnya antara lain membersihkan badan si kecil, mengganti baju, mengatur cahaya agar redup, suhu kamar yang tepat, dan membacakan buku. 

Anak alami gangguan tidur 

Dampak memarahi anak sebelum tidur selanjutnya adalah anak dapat mengalami gangguan tidur, seperti mimpi buruk.

“Dampak buruknya dapat membuat anak mengalami gangguan tidur, seperti night terror, nightmare, sleep walking, dan sering mengigau,” imbuh Samanta. 

Melansir dari Cleveland Clinic, sejumlah penyebab anak bermimpi buruk antara lain, anak mengalami kecemasan, rasa takut, kualitas tidur buruk, stres, dan trauma. 

Di sisi lain, memarahi anak sebelum tidur bisa memicu semua penyebab mimpi buruk pada anak tersebut. 

  • 8 Cara Mendisiplinkan Anak di Rumah, Orangtua Wajib Tahu 
  • Bagaimana Cara Mengatasi Anak yang Susah Diatur? Simak 6 Tips Berikut 

Masih dari sumber Cleveland Clinic, saat tidur otak anak bekerja keras untuk memproses kejadian sepanjang hari tersebut dan emosinya. Tidur juga berperan dalam pembelajaran dan konsolidasi memori. 

Menurut National Institutes of Health, penelitian terbaru menunjukkan bahwa tidur juga berperan membersihkan racun yang menumpuk di siang hari. Sedemikian penting peran tidur pada anak, karenanya orangtua diimbau memberikan kenyamanan sebelum anak tidur.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/03/18/114500220/dampak-memarahi-anak-sebelum-tidur-bisa-picu-mimpi-buruk-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke