Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Steamer Vs Setrika, Mana yang Paling Cocok untuk Menghilangkan Kusut?

KOMPAS.com - Menjaga pakaian tetap rapi dan bebas kusut adalah keharusan, terutama bagi mereka yang ingin tampil prima setiap saat.

Dua alat utama yang biasa digunakan untuk tugas ini adalah steamer dan setrika. Tapi, mana yang sebenarnya lebih efektif untuk menjaga pakaian bebas kusut?

Steamer cocok digunakan untuk apa?

Steamer atau setrika uap, kini semakin populer. Alat ini menggunakan uap panas untuk menghilangkan kerutan pada pakaian.

"Dengan steamer, lebih sedikit kesalahan yang dilakukan oleh pengguna. Yang perlu kita lakukan hanyalah mengambil pakaian di gantungan, meletakkannya di pengait, dan menyalakan steamer."

Alat ini mudah dibawa, sehingga kita bisa memasukkannya ke dalam koper untuk mengatasi pakaian yang kusut saat perjalanan.

Alat ini sangat cocok untuk sebagian besar jenis pakaian dan kain-bahkan kain yang halus seperti sutra, kasmir, dan wol.

Dan ini sangat bagus untuk pakaian yang sangat sulit disetrika, seperti rok lipit.

"Rok akordeon, misalnya, sangat sulit untuk disetrika, bahkan dry clean pun tidak bisa," kata Rothman.

Setrika cocok digunakan untuk apa?

Setrika dapat memberikan lipatan yang tajam dan tampilan yang benar-benar rapi dan berkilau, jadi setrika sangat cocok untuk saat-saat ketika kita benar-benar ingin tampil mengesankan. Misalnya, jika  mengenakan seragam atau ingin kemeja rapi untuk wawancara penting, setrika adalah pilihan yang tepat.

Selama kamu memperhatikan pengaturannya, setrika ini dapat digunakan pada kain yang halus, hanya saja, pastikan memilih pengaturan yang sesuai sebelum menyetrika pakaian.

Setrika juga bagus untuk merapikan serbet dan taplak meja, di mana kita menginginkan lipatan yang tajam dan pengepresan yang mulus.

"Setrika benar-benar diatur untuk mendapatkan tampilan yang tajam," kata Rothman.

Cara menggunakan steamer dan setrika

Setiap alat penghilang kusut memiliki teknik yang sedikit berbeda, jadi pastikan  menggunakan strategi yang tepat untuk alat dan pakaian.

Untuk menggunakan steamer pakaian, isi alat dengan air, dan tunggu (biasanya hanya satu atau dua menit) sampai kamu melihat uap keluar. Pegang alat steamer satu atau dua inci dari pakaian, jangan menyentuhnya ke kain. Jalankan steamer di setiap bagian dengan gerakan naik dan turun, ratakan kain saat melakukannya.

Setrika perlu dipanaskan beberapa menit sebelum siap digunakan. Sesuaikan dengan suhu yang tepat untuk jenis kain sambil menunggu, dan pertimbangkan untuk menyemprot pakaian dengan semprotan pelepas kusut atau cairan pelembut kain.

Meskipun kita dapat menggunakan setrika di atas meja atau lantai (dengan bantalan dan pelindung), atau di atas papan mini, Rothman menyarankan untuk memakai papan setrika lengkap dan menyiapkan ruang setrika di suatu tempat yang memudahkan kamu untuk bermanuver di sekeliling papan setrika ketika menyetrika.

Cara lain untuk menghilangkan kusut pada kain

Meskipun steamer dan setrika sering kali melakukan pekerjaan terbaik untuk menghilangkan kerutan, ada cara lain untuk membuat pakaian lebih rapi dan tidak terlalu kusut. Berikut adalah beberapa opsi lainnya.

1. Semprotan pelepas kerut

Kamu akan menemukan banyak sekali produk ini di pasaran, dengan formulasi berbeda yang membantu mengendurkan serat dan bahkan mungkin memberikan sentuhan wewangian, berkat kondisioner kain, alkohol, atau bahan kimia lainnya. Cukup semprotkan pada pakaian , dan tarik sedikit pada kain untuk melepaskan kerutan.

2. Setelan pengering penghilang kerut

Jika mesin pengeringmu menawarkan pengaturan ini, masukkan kembali untuk mengeringkan dengan cepat. Umumnya, pengaturan pengering bebas kusut menambahkan sedikit kelembapan ke dalam tabung dan menjungkirbalikkan pakaian untuk membantu melepaskan kerutan. Hanya saja, jangan biarkan pakaian itu tetap berada di sana, karena bisa menjadi kusut lagi.

3. Menggantung di dekat pancuran air panas

Menggantung pakaian di kamar mandi saat mandi air panas adalah trik yang sudah lama dilakukan, meskipun Rothman memberikan peringatan untuk menggunakannya.

"Banyak orang yang akhirnya membuat pakaian mereka terlalu basah," katanya.

4. Alat pelurus rambut

Jika kamu hanya memiliki beberapa bagian yang perlu dirapikan seperti kerah atau manset yang kusut, dapat menggunakan alat pelurus rambut untuk merapikannya dengan sempurna.

https://lifestyle.kompas.com/read/2024/05/22/191900220/steamer-vs-setrika-mana-yang-paling-cocok-untuk-menghilangkan-kusut

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke