Sarkozy: Obama Raih Kemenangan Brilian

Kompas.com - 05/11/2008, 14:55 WIB
Editor

TOKYO,RABU — Perdana Menteri Jepang Taro Aso mengucapkan selamat kepada Barack Obama atas kemenangannya dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat. Pemerintah Tokyo menyatakan berjanji akan bekerja sama dengan pemimpin Amerika yang baru itu untuk memperkokoh hubungan kedua negara.
 
Dari Brussel, Uni Eropa menyambut hangat kemenangan kandidat Demokrat Barack Obama dalam Pemilihan Presiden Amerika Serikat dan Presiden Komisi Eropa Jose Manuel Barroso menyerukan "perjanjian baru".

"Ini adalah saatnya untuk memperbarui komitmen antara Eropa dan AS," kata Barroso dalam pernyataannya. "Kami ingin mengubah krisis yang terjadi sekarang menjadi suatu peluang baru. Kami ingin kesepakatan baru untuk dunia baru," tegasnya. Lpuchner mengatakan, dia berharap Obama akan meraih sukses terbesar.

Sementara itu, Presiden Perancis Nicolas Sarkozy menyampaikan selamat kepada Barack Obama atas "kemenangan brilian" dalam pemilihan presiden AS.

"Saya menyampaikan kepada Anda ucapan selamat saya yang paling hangat dan atas nama semua rakyat Perancis," kata Sarkozy kepada Obama dalam sepucuk surat yang dipublikasikan oleh Kantor Kepresidenan Perancis, Rabu. "Kemenangan brilian" Anda menunjukkan suatu komitmen tak kenal lelah untuk melayani rakyat AS," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.