Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagu Pop dan Rock Bikin Nyenyak Bayi

Kompas.com - 03/12/2008, 09:32 WIB

BILA selama ini Anda merasa bosan mendendangkan lagu "Nina Bobo" atau lagu tradisional lainnya saat menidurkan bayi. Lagu-lagu dengan jenis musik pop atau rock kini juga dapat dipertimbangkan menjadi alternatif baru.

Para ibu di Indonesia sepertinya dapat berkaca pada fenomena di Inggris. Para ibu di sana kini telah mulai banyak meninggalkan lagu-lagu pengantar tidur (lulabies) tradisional dan beralih ke lagu-lagu yang lebih nge-pop, bahkan rock sekalipun.

Hasil jajak pendapat terhadap 2.000 ibu yang dilakukan The Baby Website menunjukkan, lagu-lagu seperti Angel yang dibawakan Robbie Williams atau Wonderwall yang dilantunkan grup Oasis tercatat sebagai tembang pengantar tidur paling favorit.

Survei itu juga menunjukkan bahwa lebih dari 60 persen atau dua per tiga responden menilai, lagu rock dan pop terbukti lebih efektif untuk membuat bayi cepat lelap ketimbang menyanyikan "Rock a Bye Baby".

Menurut para ahli yang melakukan penelitian, hasil temuan ini sungguh mengejutkan. Juru bicara The Baby Website, Kathryn Crawford, menduga, para ibu saat ini telah terpengaruh oleh musik yang mereka dengar sepanjang hari.

"Kami sangat terkejut dengan temuan bahwa para ibu lebih suka mendendangkan lagu-lagu pop ketimbang lagu tradisional," ujarnya,

"Saya manganjurkan para ibu menyetel radio saat berada di rumah bersama bayi. Lirik-lirik yang menarik membuat mereka mustahil untuk menyanyikan lagu lainnya saat di tempat tidur, tambahnya.

Dari jajak pendapat juga terungkap 13 persen ibu menilai lagu-lagu pengantar tidur yang ada terlalu kuno, sedangkan satu di antara 10 ibu mengaku tidak ingat lirik lagu-lagu tersebut.

Hampir 50 persen dari ibu mengatakan bahwa mereka menyanyikan lagu-lagu untuk menenangkan bayi ketika si kecil terkejut atau gelisah, sedangkan satu per tiga ibu selalu rutin menyanyikan lagu hingga bayi mereka tertidur.

Simon Cooper dari Mother and Baby Music, produsen CD musik untuk orangtua mengatakan, "Bayi membutuhkan ambient dan suara ritmik untuk menenangkan mereka. Itulah yang mereka peroleh dalam kandungan. Sejumlah musik pop akan memberi mereka hal ini, tetapi tentu tidak semuanya."

Daftar 10 Lagu Favorit :
1. Patience - Take That
2. Angels - Robbie Williams
3. I Kissed a Girl - Kate Perry
4. You're Beautiful - James Blunt
5. Love Me Tender - Elvis Presley
6. Beautiful - Christine Aguilera
7. Warwick Avenue - Duffy
8. Sweet Child O' Mine - Guns N' Roses
9. Wonderwall - Oasis
10. Girls - Sugababes

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com