Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koleksi Gaun Pengantin Berteknologi Laser

Kompas.com - 22/02/2009, 12:23 WIB

BAGI calon pengantin, memilih gaun pengantin yang indah tentu menjadi salah satu poin penting dalam persiapan pernikahannya. Misalnya gaun pengantin dengan detail hiasan yang memberi kesan mewah dan elegan. Bagi perancang busana Chenny Han, adalah suatu tantangan tersendiri untuk menciptakan gaun pengantin yang memenuhi kriteria semacam itu.

Pemilik Rumah Mode Chenny Han ini sudah melakukan berbagai inovasi dalam menciptakan gaun pengantin, di antaranya adalah menggunakan kristal-kristal dari Eropa, batik white on white, atau menciptakan gaya unfinished style, yaitu membiarkan bunga-bunga kain yang menjadi detail gaun tidak dijahit. Namun, benang-benang di pinggiran kain yang tidak dijahit itu membuat pemakainya merasa gatal.

Pertemuan Chenny dengan seorang web designer yang juga pemilik usaha laser-cutting melahirkan ide untuk menghasilkan gaun-gaun pengantin yang diproses melalui teknologi laser. Seperti kita ketahui, teknologi laser biasanya digunakan untuk memotong kertas atau untuk kepentingan kosmetika. Dalam hal gaun rancangan Chenny, teknik laser-cutting dimanfaatkan untuk membuat detail hiasan yang rumit sekaligus mencegah benang-benang di pinggiran kain berhamburan.

Keuntungan dari penggunaan teknologi laser ini adalah ketepatan motif dari mesin laser ke kain yang mencapai 0,01 mm. Pengerjaan gaun juga menjadi lebih cepat, terbukti 12 gaun pengantin yang dipamerkan pada mini show di Hotel Mulia Senayan, Jakarta, Jumat (19/2) lalu, hanya memakan waktu 3 minggu. "Kalau dikerjakan manual mungkin 12 gaun itu baru selesai setahun," ujar Chenny.

Teknik laser ini bisa diterapkan pada kain jenis apa pun meskipun kurang baik jika digunakan untuk jenis polyester. Maksimal, mesin dapat mengerjakan dua atau tiga tumpuk kain sekaligus sehingga makin mempersingkat waktu. "Yang lama adalah melakukan setting-nya, seperti membuat film kalau untuk mencetak majalah," demikian menurut Clara Wijaya, sang web designer dari Sumber Jaya. "Makin sulit motifnya, juga makin lama pengerjaannya."

Untuk gaun-gaun pengantinnya tersebut, Chenny banyak membuat motif bunga atau kupu-kupu berbagai ukuran. Selain menjadi potongan-potongan yang ditempelkan pada gaun, detail hiasan tersebut ada pula yang langsung diproyeksikan pada gaun atau pada veil-nya yang menyapu lantai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com