Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duh, Susahnya Punya Ruang Tamu Mungil

Kompas.com - 28/03/2009, 11:38 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Anda yang tinggal di rumah mungil, menata ruang tamu merupakan tantangan tersendiri. Bagaimanapun juga, dekorasi ruang tamu menjadi begitu sangat penting karena di situlah cermin karakter Anda sebagai sang empunya rumah.

Sebaliknya, bukan pula perkara mudah. Ruang tamu tidak semata dinikmati secara visual, melainkan juga emosional. Maka, selain harus bisa menyenangkan mata, si empunya rumah juga mesti pintar-pintar menata ruang dan pernak-perniknya agar nyaman di hati seorang tamu.

Simak langkah-langkah ini:
 
- Jangan memaksa diri memiliki ruang tamu, karena memang tidak semua pemilik rumah harus memilikinya secara khusus. Ingat, hunian Anda adalah sebuah rumah yang mungil.

- Maksimalkan keberadaan teras atau halaman kecil di depan rumah, ini bisa menjadi jalan keluar pertama. Jangan gunakan bangku besi atau sofa, hal itu tentu menghabiskan tempat dan terkesan rumit untuk teras kecil atau sempit. Cukup, gunakan bangku taman kayu atau kursi yang terbuat dari batang pohon besar yang dibuat seukuran kursi duduk lesehan.  

- Meja tidak selalu harus punya kaki, dan itu sangat cocok dipakai di teras. Cukup sediakan meja terbuat dari kayu atau rotan. Bisa juga, Anda membuatnya dari ban mobil bekas yang dialasi dengan kaca tebal atau multiplek. Hasilnya, gaya Anda menerima tamu cukup sederhana, namun tetap bernilai artistik.  

- Tirulah konsep ruang tamu di apartemen bergengsi, yang kerap menggabungkan ruang keluarga dan ruang makan sekaligus sebagai ruang tamu. Jika hal itu Anda lakukan untuk tamu yang sudah sangat akrab, tetamu lain dapat Anda layani di teras rumah. Dengan keterbatasan yang ada, cara tersebut rasanya sudah cukup.

- Tidak perlu memenuhi ruang tamu dengan furnitur. Sofa dengan model satu dudukan (single seater) atau dua dudukan (two seaters) dan sebuah meja kecil sudah cukup. Hindari tempat duduk atau sofa yang tebal, hal itu akan memberi kesan berat. Pemilihan sofa yang tepat bisa menjadikan ruang tamu terkesan leluasa.

- Jangan kaku mengikuti aturan tidak tertulis bahwa standar ukuran sofa umumnya memiliki ketebalan lebar 80 sentimeter. Hal itu justru membuat ruangan Anda semakin sempit. Pilih sofa tanpa sandaran lengan, dan cari yang berukuran 60 atau 50 sentimeter. Sofa-sofa jenis ini cocok Anda letakkan menempel di dinding ruang tamu yang sempit.

- Gunakan furnitur-furnitur yang bisa disandarkan ke dinding. Semakin sempit ruangan, semakin tinggi pula keinginan kuat Anda untuk kreatif menggunakan furnitur-furnitur ringan dan minimalis.

- Peletakan kursi, meja, serta furnitur penghias ruang lain harus memerhatikan alur sirkulasi udara. Yang perlu diingat, udara yang masuk dari pintu harus bisa mengalir ke ruang lainnya. Penggunaan sofa atau furnitur berukuran besar, penempatan furnitur yang salah, serta banyak benda tidak penting diletakkan semaunya, akan mengurangi sirkulasi udara, karena ketika masuk ruangan udara tidak bisa mengalir ke ruangan lain  

Selamat mencoba!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com