Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Takut Kena Kanker? Olahragalah

Kompas.com - 22/08/2009, 09:18 WIB

Bila Anda tak ingin terkena kanker usus besar, mungkin sebaiknya akhir pekan ini Anda isi dengan jogging ketimbang hanya jalan-jalan di mal atau bermalas-malasan di depan tv.

Dalam sebuah studi yang dipublikasikan akhir Juli lalu di situs British Journal of Sport Medicine, para ahli sepakat menyimpulkan bahwa olahraga bisa menangkis serangan kanker di daerah pencernaan.

Dalam studinya, para peneliti menganalisis kesehatan 2.560 pria berusia pertengahan yang hidup di wilayah Finlandia Timur. Penelitian berlangsung selama 17 tahun dan selama kurun waktu tersebut kegiatan harian para responden dipantau.

Pada saat dimulainya studi, tidak ada responden yang menderita kanker. Namun, di akhir masa studi, 181 orang meninggal akibat penyakit. Saat kegiatan mereka diuraikan, para peneliti menemukan bahwa di luar kebiasaan merokok, asupan serat dan lemak, usia, dan variabel lain, pria yang secara fisik lebih aktif risiko terkena kanker, terutama kanker usus, lebih kecil.

Menurut para ahli, intensitas olahraga yang dijalankan merupakan hal yang penting. Makin rutin kegiatan olahraga dilakukan, makin terlindung tubuh mereka dari sel-sel kanker.

Hasil penelitian tersebut makin menguatkan bukti-bukti penelitian lain tentang manfaat olahraga terhadap kanker. Sejak dulu para ahli sudah mengetahui bahwa olahraga akan membuat usus menjadi kosong sehingga zat karsinogen (penyebab kanker) hanya punya waktu sebentar untuk hidup di usus.

Olahraga yang rutin juga berpengaruh terhadap produksi hormon seks pada pria dan wanita. Hal ini, terutama pada kasus kanker payudara, mungkin bisa mengurangi terbentuknya sel kanker. Sementara itu, studi lain menyebutkan olahraga akan membantu tubuh mengolah insulin dan selgrowth factor yang bisa mengurangi terbentuknya tumor.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com