"Baralek Gadang" Meriahkan Festival di Hamburg

Kompas.com - 15/09/2009, 02:53 WIB
Editor

LONDON, KOMPAS.com--Prosesi pernikahan adat Minangkabau dari Sumatra Barat yang dikenal dengan "Baralek Gadang", ikut memeriahkan "Festival der Kulturen" di Hamburg, Jerman, akhir pekan lalu.

Acara "Baralek Gadang" yang berlangsung di panggung Tanzdiele ini dikemas dalam bentuk operet selama 60 menit, ujar Dyah Narang Huth, dari IKAT Agentur Indonesia, kepada koresponden Antara London, Senin.

Menurut Dyah Narang Huth, selama tujuh tahun penyelenggaraan festival, Indonesia selalu berpartisipasi dalam acara tersebut.

Festival yang diikuti peserta dari 80 negara itu dikemas dalam bentuk acara pergelaran budaya selama tiga hari, bertempat di areal kampus Universitas Hamburg yang berada di jantung kota Hamburg.

Dalam acara Baralek Gadang itu ditampilkan tradisi orang Minangkabau dalam acara pernikahan mulai dari melamar, mengundang, akad nikah, bersanding, hiburan tarian hingga arak-arakan dengan talam sarat makanan, yang dibagikan kepada penonton untuk dicoba.

Sejalan dengan atraksi operet di panggung, Dyah Narang Huth dan Widya Arnold memoderasi acara dengan informasi budaya bagi pengunjung.

Indonesia tampil cemerlang di Festival Budaya Hamburg ke-7 itu. Mereka mendapat sambutan dari para penonton, di antaranya dari Jerman sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Terima kasih, kami jadi tahu bahwa di Indonesia ada budaya matrilinial yang terbesar di dunia," ujar salah seorang penonton.

Menurut Dyah Narang Huth, setiap tahun pihaknya selalu ambil bagian dalam festival budaya itu, yang didukung grup seniman dan pencinta seni di Hamburg dan sekitarnya.

"Bahkan kami pernah menyabet predikat terbaik ke lima dengan menampilkan Reog Ponorogo beberapa tahun lalu," ujarnya.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.