Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semoga Manfaat Puasa Makin Dirasakan

Kompas.com - 21/09/2009, 15:25 WIB

KOMPAS.com — Pelaksanaan ibadah puasa satu bulan merupakan terapi dosis tinggi yang tepat untuk melawan penyakit rohani yang merusak jiwa kita semua, kata Drs H Syarifuddin Ya’cub MHI pada ceramah Shalat Idul Fitri 1430 Hijriah, di Palembang.
    
Dosen Fakultas Syariah IAIN Raden Fatah Palembang itu, dalam ceramah di halaman Masjid Baiturrahman Perumahan Bukit Sejahtera (Poligon) Palembang, mengingatkan bahwa setelah sebulan menunaikan ibadah puasa, seharusnya dapat melawan berbagai penyakit rohani.

Dia menyebutkan, penyakit rohani, seperti keserakahan, individualis, zalim, dan senang melihat orang lain susah atau susah melihat orang lain senang (SMOS), semestinya kalah dengan terapi puasa.

Diharapkan, akhlak kaum muslimin setelah lulus berpuasa sebulan penuh dapat menjadi pemurah, toleran, dan menjunjung kebersamaan, adil, amanah serta justru senang melihat orang lain sukses ("SMOS").
    
Syarifuddin juga mengajak umat Muslim untuk merenungkan bahwa kemewahan hidup yang diterima, apabila tidak dimanfaatkan sesuai dengan rida Allah SWT, akan membawa bencana bukan saja bagi individu dan keluarganya, tetapi dapat membawa menjadi musibah nasional.
    
Namun, dia menegaskan, bagi mereka yang beriman kepada Allah SWT dan ditimpa musibah, seperti tsunami di Aceh, Sumut, Yogyakarta, Bantul, dan Pangandaran, berarti telah gugur sebagai syahid.
    
"Semoga Allah SWT menempatkan mereka pada sisi-Nya di tempat yang menyenangkan," ujar dia.
 
Karena itu, kepada semua pihak diharapkan dapat berpartisipasi untuk meringankan beban mereka dengan segenap kemampuan dan daya sesuai kapasitas kita masing-masing.
    
Secara khusus, disebutkan pula hikmah ibadah puasa, yaitu sebagai latihan untuk memupuk ketabahan dan kejujuran.
    
"Orang yang berhasil memupuk ketabahannyalah yang dapat berbuat jujur, berarti ketabahannya telah teruji," kata dia pula.
    
Mereka yang jujur dan tabah itu akan mampu menghadapi godaan apa pun, wanita cantik, uang, dan barang mewah yang menggoda agar ia menyimpang dari sumpahnya, berhasil disingkirkan.
    
Umat Muslim yang sudah tertempa melalui ujian berat yang ditempuh dan selalu berpuasa karena ikhlas dan takwa akan mampu menghadapi hawa nafsu dan mengalahkannya untuk selalu berbuat baik bagi sesamanya, demikian H Syarifuddin Yacub.
    
Shalat Idul Fitri di Kota Palembang digelar di halaman, lapangan terbuka, masjid-masjid, dan tempat lapang lainnya.
    
Gubernur Sumsel H Alex Noerdin dan istri serta jajaran pejabat Pemprov setempat melaksanakan shalat Id di Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang, sedangkan Wagub H Eddy Yusuf melaksanakan shalat Id di Masjid Taqwa Palembang.
    
Cuaca Kota Palembang sejak pagi cerah, padahal selama beberapa hari sebelumnya selalu diguyur hujan cukup lebat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com