Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertahankan Energi Positif di Kantor

Kompas.com - 30/10/2009, 13:20 WIB

KOMPAS.com - Mengusir rasa bete, jenuh, atau energi negatif lainnya dengan cara yang positif? Bisa, kok. Supaya waktu bekerja di kantor lebih maksimal, upayakan energi positif tetap terpancar. Meski gosip pengurangan karyawan makin santer terdengar, pengurangan tunjangan kesehatan, atau proyek-proyek baru siap menemani hari-hari Anda, hadapi dengan energi positif. Berikut 5 tips dari  Bonnie Kelly dan Teresa Walsh, pemilik toko perhiasan dari Silpada Designs;

1. Cari proyek baru. Cobalah untuk berinisiatif mengerjakan sebuah proyek baru. Entah itu dengan bersukarela memimpin proyek, atau menera ulang pengurangan biaya. Apa pun pekerjaan baru yang bisa Anda kerjakan, cobalah lakukan. Melakukan kegiatan berbeda akan memberikan semangat untuk mengontrol kehidupan pekerjaan Anda. Selain itu, memperluas kemampuan juga akan membantu Anda untuk terus termotivasi dan berenergi.

2. Katakan tidak untuk negatif. Gosip-gosip atau kabar burung seputar kantor hanya akan menyulut ketidakjelasan dan kecemasan. Maka, simpanlah pikiran-pikiran negatif atau kekhawatiran di luar kantor. Jagalah agar percakapan dengan rekan kantor tetap netral.

3. Ciptakan gol-gol mini. Upayakan menciptakan 1 hari untuk datang lebih pagi dari biasanya. Jika memungkinkan, berbincanglah dengan supervisor Anda untuk menciptakan gol-gol baru. Gol baru memberikan energi untuk mencapai sebuah tujuan, dan membantu seseorang untuk tetap berada dalam jalur ketika pekerjaan sedang lamban.

4. Berinvestasi dengan diri sendiri. Cobalah untuk mengikuti aktivitas di luar pekerjaan kantor. Meski kegiatan-kegiatan semacam ini tak akan berdampak pada promosi pekerjaan Anda, namun dengan mengikuti kegiatan-kegiatan ekstra Anda akan mempelajari kemampuan baru dan memperluas jejaring. Anda juga akan tetap terinspirasi, bahkan memberikan kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan baru ketika dibutuhkan.

5. Mencari kesenangan di luar kantor. Amat penting bagi seseorang untuk bisa menikmati hidupnya, khususnya ketika ia sedang menghadapi tekanan bertubi-tubi. Carilah satu kegiatan yang tak berhubungan dengan pekerjaan Anda, yang bisa membuat Anda bersemangat (misal, bereksperimen dengan kamera, mengikuti kelas yoga, atau lainnya) dan biarkan diri Anda lepas dari tekanan kerja.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com