Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sate Padang

Kompas.com - 20/11/2009, 04:01 WIB

Pakar kuliner William Wongso (62) baru-baru ini diundang ke Amerika Serikat untuk mengikuti festival makanan jalanan. Di ajang itu, dia antara lain memperkenalkan sate padang kepada pengunjung festival.

”Mereka ternyata suka sate padang. Mereka bilang rasanya tidak terbayangkan,” ujar William, Rabu (18/11) di Jakarta, atau dua hari setelah ia kembali ke Tanah Air.

Selain William, para ahli masak dari berbagai negara juga hadir di festival tersebut. Buat orang Amerika, lanjut dia, masakan Indonesia itu rasanya masih misteri. Maklum, masakan Indonesia relatif belum banyak dikenal di dunia dibandingkan dengan masakan China, Thailand, bahkan Malaysia.

”Indonesia itu belum ada di peta kuliner dunia. Ini menyedihkan,” tutur pembawa acara Cerita Rasa di MetroTV ini.

William menduga hal itu disebabkan karena para pelaku kuliner Indonesia ketinggalan dalam memperkenalkan masakan Indonesia dibandingkan dengan pelaku kuliner negara lain. ”Kita harus memperkenalkan khazanah kuliner Indonesia yang kaya ini,” katanya.

William termasuk pakar kuliner yang rajin memperkenalkan masakan Tanah Air di luar negeri. Pekan ini, dia berangkat ke Perth, Australia, untuk menggelar festival makanan Nusa Tenggara. Setelah itu, ia akan pergi ke Korea Selatan untuk urusan yang tidak jauh-jauh dari makanan. (BSW)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com