Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dapur Cantik Awali Tahun Baru

Kompas.com - 08/01/2010, 09:49 WIB

KOMPAS.com - Di awal tahun baru 2010, ada saja keinginan memperbaharui tampilan rumah agar lebih nyaman ditinggali. Bila pada hari Natal 2009 kemarin, Anda sudah mendandani bagian luar rumah dan tentunya ruang tamu, kini giliran Anda membenahi bagian yang hampir terlupakan, dapur!

Letaknya yang seringkali berada di belakang atau di salah satu sudut rumah yang tersembunyi, membuat dapur dianggap tak perlu "bersolek". Padahal dengan dapur yang bersih dan nyaman, Anda pun pasti akan lebih semangat menciptakan kreasi menu baru untuk keluarga.

Sesuaikan dengan Karakter
Idealnya, gaya dapur diciptakan selaras dengan interior rumah dan yang pasti harus sesuai dengan karakter dan kepribadian si empunya rumah.

Mendandani dapur menjadi bersih dan cantik memang gampang-gampang susah. Besarnya biaya yang dikeluarkan untuk merenovasi pun sangat tergantung dari desain dan material yang digunakan. Namun, bukan berarti harus menguras tabungan Anda hingga tandas. Biaya bisa dihemat, asalkan Anda tahu bagaimana menyiasatinya.

Langkah paling pertama yang harus Anda lakukan adalah menyesuaikan kebutuhan dengan luas dapur yang akan Anda tata agar dapat mewadahi semua aktivitas dan perlengkapan masak memasak.

Langkah selanjutnya, pilih material yang tahan api dan panas untuk perabot di sekitar kompor, seperti marmer, granit, keramik, dan stainless steel. Bila dana terbatas, Anda bisa berkreasi dengan menggunakan keramik pecahan dengan warna yang beragam. Hasilnya tentu lebih unik dan artistik.

Bila perabot yang ada saat ini masih bagus, rasanya Anda hanya perlu mengganti suasana dapur dengan mengatur ulang letak perabot dan memberi warna baru pada perabot tersebut. Pengecatan ulang juga perlu dilakukan pada dinding dan langit-langit dapur agar memberikan nuansa yang berbeda. Dengan begitu, akan banyak uang yang bisa dihemat ketimbang membeli perabot baru untuk dapur.

Usahakan dapur Anda mendapatkan cahaya langsung matahari karena sinar matahari dapat membunuh bibit bakteri serta menghindari tikus dan kecoa. Jangan lupa untuk menempatkan ventilasi di dapur untuk menghindari keracunan akibat gas-gas dari asap kompor. Bila Anda memiliki dapur di bagian tengah rumah dan tidak memungkinkan meletakkan ventilasi yang memadai, gunakan cooker hood untuk mengalirkan udara.

(AYA/Kompas)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com