Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Meminjamkan Kosmetik pada Teman?

Kompas.com - 21/01/2010, 11:21 WIB

KOMPAS.com - Pernahkah Anda meminjamkan benda yang menurut Anda sangat pribadi dan seharusnya hanya digunakan oleh Anda saja? Hal yang simpel misalnya deodoran atau roll on? Jika seorang teman ingin memintanya, apakah akan Anda kabulkan?

Jeannette Graff, seorang dermatolog dari New York City, mengatakan umumnya ada dua kubu yang bertentangan, yaitu antara perempuan yang dengan suka rela meminjamkan peralatan kosmetikanya, dan yang menolak meminjamkan. Ia cenderung sepakat dengan kelompok yang menolak meminjamkan peralatan kosmetika pada orang lain.

''Kulit adalah organ yang tidak steril, karena menjadi perantara dan tempat berkumpulnya kuman. Kita juga tidak akan pernah tahu apakah orang yang kita mintai tolong membawa bibit kuman itu,'' jelasnya.

Benda yang sebaiknya tidak dipinjamkan kepada oang lain adalah maskara. Sebab, Anda bisa dengan mudah tertular penyakit mata, yang ditularkan lewat cairan mata yang menempel pada bulu-bulu maskara.

''Barang-barang seperti lipsgloss, kuas make-up, roll on atau deodoran juga tidak boleh dipinjami. Tetapi Anda bisa mencari jalan keluar jika memang mendesak harus meminjamkan barang-barang itu. Bersihkan permukaan lipgloss atau lipstik dengan tisu atau tisu basah sebelum teman Anda atau Anda (jika Anda yang meminjam, RED) memakainya," papar Graff.

Untuk kuas wajah atau make-up, semprot atau bersihkan dengan cairan pembersih antibakteri. Jika memang terpaksa teman Anda butuh meminjam roll on, basuhlah dulu dengan tisu antibakteri atau tisu kering.

Barang yang masih mungkin dipinjamkan pada orang lain adalah lipstik dan pensil alis. Lipstik punya permukaan yang tebal dan Anda bisa membuang setiap lapisannya dengan mudah dengan tisu. Sedangkan pensil alis bisa diraut atau diasah untuk menghilangkan bagian yang mungkin telah terkena bakteri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com