Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puteri Indonesia Mengunjungi Kawasan Konservasi

Kompas.com - 29/03/2010, 08:46 WIB

LAMPUNG, KOMPAS.com - Puteri Indonesia 2009 Qory Sandioriva bersama Puteri Indonesia Lingkungan 2009 Zukhriatul Hafizah, melakukan observasi di kawasan konservasi alam, Tampang-Balimbing Wildlife Nature Conservation (TWNC), Lampung, Minggu (28/3/2010) lalu.

Terletak di kawasan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan, Lampung Barat, TWNC merupakan area seluas 45.000 hektar yang menjadi kawasan konservasi lingkungan dan harimau Sumatera. Pemerintah, dalam hal ini kementrian kehutanan, menggandeng pihak swasta sejak 2002 untuk mengelola kawasan hutan dengan keanekaragaman hayati tersebut dengan beragam program konservasi dan pemberdayaan masyarakat.

Puteri Indonesia Lingkungan, yang akrab disapa Fiza, menyebut rangkaian kegiatan selama tiga hari di hutan tropis Sumatera sebagai pengalaman observasi. Baginya, pendalaman pemahaman mengenai lingkungan perlu dilakukan dengan mendatangi langsung pedalaman Sumatera.

"Observasi menjadi penting untuk memberikan pengalaman langsung mengenai lingkungan. Melihat langsung kekayaan alam di area konservasi ini menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk melestarikan alam. Pesan ini perlu dibawa ke Jakarta untuk menularkan kepedulian dan membuat anak muda bisa lebih prihatin dengan kondisi lingkungan," papar Fiza di sela kunjungannya ke TWNC.

Fiza dan Qory tiba di Tambling pada Minggu siang. Hingga usai senja, kedua puteri pengemban misi lingkungan dan pelestarian alam ini terlibat dalam berbagai aktivitas menyusuri hutan, danau, dan pesisir, yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia dan Selat Sunda. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com