Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inovasi Unik dari Bahan Stroberi

Kompas.com - 17/07/2010, 03:52 WIB

Buah stroberi berwarna merah menyala hmmm.... Siapa tak suka melihatnya? Berangkat dari warna stroberi yang menawan hati itu, Putra Priyadi (27) kemudian mulai berinovasi. Ia mencoba membuat makanan dan minuman dari bahan stroberi. Tak hanya itu, tahun 2004 kemudian ia membuka Strawberry Cafe di Jalan Tanjung Duren Barat III, Jakarta Barat.

Selain menyajikan makanan dan minuman barat dan Asia termasuk Indonesia, ia juga memberi sentuhan buah stroberi di interior dan aksesori seperti sandal rumah yang dijual di kafenya. Putra, alumnus sekolah perhotelan Universitas Pelita Harapan Karawaci, Tangerang, Banten, yang hobi memasak itu lalu mencoba membuat resep-resep baru makanan untuk kafenya. Maka terciptalah menu seperti nasi goreng stroberi, spageti stroberi. Minumannya ada Initial Strawberry, Strawbery Volcano, atau hidangan penutup cokelat stroberi.

Nasi goreng dan spageti ala Putra Priyadi bercita rasa agak pedas untuk mengimbangi rasa stroberi yang agak asam. ”Kalau stroberi dipadukan dengan rasa asin, rasanya malah lebih asam, maka saya bikin nasi goreng dan spageti agak pedas biar rasanya ketemu, menjadi sedikit asam kayak tom yam,” katanya.

Dasar penyuka aneka permainan, pemuda lajang yang kini sudah memiliki dua kafe tersebut tak hanya mengutak-atik bahan pembuat minuman, makanan, atau hidangan penutup, tetapi juga bagaimana menyajikan hidangan secara unik sekaligus menarik. Terciptalah, minuman dari stroberi yang mirip kawah gunung berapi di dalam gelas panjang yang bagian bawahnya seperti keluar buih. Pada bagian atas terdapat asap putih dengan irisan buah stroberi beralas vanila ditaburi meses aneka warna.

Ada pula minuman bernama Initial Strawberry yang disajikan di gelas panjang. Uniknya di bagian bawah gelas ada dua ikan hias sedang berenang, sementara bagian atasnya ada irisan buah nanas dan sebuah kembang api yang menyala.... Biasanya anak-anak kecil menyukai atraksi singkat itu lalu mau minum atau makan buahnya. Ada di antara mereka meminta kembang api lagi bahkan ikan hiasnya.

Upaya menyajikan makanan dan minuman dari stroberi secara unik itu memang untuk membuat anak dan remaja mau makan dan minum buah stroberi organiknya itu. Boleh juga akal-akalan ala Putra ini.... (TRI)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com