Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PMI Buka Gerai di Tanah Abang

Kompas.com - 17/07/2010, 04:19 WIB

   Jakarta, Kompas - Untuk meningkatkan cadangan darah, Palang Merah Indonesia membuka unit donor darah di Pusat Grosir Blok A Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (16/7). PMI juga mengintensifkan pencarian darah guna menghadapi penurunan jumlah donor darah selama bulan puasa.

”Gerai unit donor darah (UDD) di Pusat Grosir Blok A Tanah Abang dibuka untuk memudahkan warga menyumbangkan darah mereka. Kedekatan lokasi UDD sangat diperlukan agar semakin banyak warga yang mau menyumbangkan darah mereka,” kata Ketua Umum PMI Jusuf Kalla, saat membuka unit donor darah di Pusat Grosir Blok A Tanah Abang.

UDD itu berada di lantai atap dengan luas 120 meter persegi. Gerai UDD itu merupakan gerai yang kedua, setelah yang pertama dibuka di Mal Senayan City.

PMI akan terus membuka gerai-gerai UDD di mal dan kampus agar dapat menjaring donor sebanyak mungkin. Selain itu, PMI juga akan mengupayakan menyumbangkan darah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan Jakarta.

Dalam waktu dekat, PMI akan membuka gerai UDD di Universitas Trisakti, Mal Makassar, Universitas Hasanuddin Makassar, Olympic Garden Malang, Universitas 17 Agustus Surabaya, dan Universitas Jember.

Di Jakarta, tingkat kebutuhan darah mencapai 1.000 kantong setiap hari. Tingginya kebutuhan itu harus diantisipasi dengan memperbanyak lokasi gerai UDD.

Di tingkat nasional, cadangan darah ideal seharusnya mencapai 2 persen jumlah penduduk atau 4,8 juta kantong darah. Saat ini, PMI baru dapat mengumpulkan 1,9 juta kantong darah dan masih kurang 3 juta kantong darah.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah asal DKI, Djan Faridz, dan pengembang Pusat Grosir Blok A Tanah Abang mengaku mendukung langkah PMI untuk mendekatkan UDD ke masyarakat agar lebih banyak orang yang mau menyumbangkan darah. UDD yang dekat dan mudah diakses akan mendorong orang untuk menyumbangkan darah mereka.

Pusat Grosir Blok A Tanah Abang yang dikunjungi 80.000 orang sampai 100.000 orang per hari diperkirakan akan meningkatkan jumlah donor darah.

”Menyumbangkan darah merupakan aktivitas yang mulia karena membantu menyelamatkan nyawa orang lain. Para pedagang dan pengunjung Pusat Grosir Tanah Abang harus didorong untuk turut menyumbangkan darah mereka,” kata Djan.

Sementara itu, para pedagang mengaku gembira dengan adanya UDD karena mereka dapat menyumbangkan darah dengan mudah. Selain beramal, donor darah dinilai juga dapat menyehatkan tubuh mereka. (ECA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com