Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citra Diri dalam Secangkir Teh

Kompas.com - 18/07/2010, 03:26 WIB

Lusiana Indriasari dan Yulia Sapthiani

Teh bukan lagi sekadar minuman pelepas dahaga, apalagi pelengkap sesudah makan. Minuman yang dulu dianggap ”zadul” ini kini dikemas dengan citra yang lebih modern. Ada kenikmatan gaya hidup di dalamnya.

Rabu (14/7) lalu, salah satu gerai Coffee Bean & Tea Leaf yang berada di sebuah mal di Jakarta sibuk melayani pengunjung. Sore itu hampir semua tempat duduk penuh. Mereka yang datang rata-rata tidak sendirian. Selalu ada teman untuk mengobrol sambil menyeruput minuman.

Meski lebih lebih banyak menyediakan kopi, Coffee Bean & Tea Leaf menjadi salah satu tempat tujuan bagi penikmat teh di Jakarta. ”Tempatnya mudah dijangkau karena banyak buka gerai di mal,” kata Winneke (45), penikmat teh yang juga hobi mengoleksi berbagai macam jenis teh.

Di gerai ini, teh ditawarkan dalam bentuk modern. Bukan hanya dari segi kemasan, tetapi juga cita rasa. Dengan memajang teh dalam kemasan kaleng berwarna-warni, ada sekitar 17 cita rasa teh yang ditawarkan, seperti tropical passion tea yang segar dan beraroma bunga mawar, moroccan mint yang agak pahit dan sejuk di lidah, hingga chai tea yang rasanya seperti rempah- rempah.

Di Jakarta dan sekitarnya, ”kedai” teh yang mengusung konsep modern terus bermunculan. Meski bukan barang baru yang menarik, kedai-kedai teh modern ini berlomba-lomba mengemas teh yang dijualnya agar terlihat sebagai minuman berkelas.

Berkelas

Dengan konsep ”minum teh di rumah”, Tea Addict memajang berbagai jenis daun teh di dalam stoples besar. Setiap jenis daun teh diberi label bermacam-macam, mulai dari oolong, white tea, green tea, hingga english breakfast.

Pengunjung yang datang ke rumah teh di Jalan Gunawarman, Jakarta Selatan, itu bisa menikmati teh sambil belajar membedakan berbagai jenis daun teh. Di sini, pengunjung minum teh sambil leyeh-leyeh di sofa empuk.

”Semua bahan baku teh didatangkan dari Ciwidey, Bandung,” kata Nanda Tessa Monica dari Tea Addict.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com